was successfully added to your cart.
Pelatihan TPA Bappenas

Soal TPA Verbal dan Pembahasannya

By January 9, 2019 No Comments

Soal TPA Verbal dan Pembahasannya

Soal TPA Verbal dan Pembahasannya

Seperti yang kita ketahui bersama, tes potensi akademik biasanya akan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan untuk penerimaan siswa/mahasiswa baru maupun perusahaan sekalipun untuk penerimaan calon pegawai, rekrutmen karyawan dan sebagainya. Selain itu, tes potensi akademik juga ditujukan sebagai prosedur dalam kenaikan sebuah jabatan dalam suatu perusahaan.

Di dunia internasional, tes potensi akademik setara dengan tes GRE (Graduate Record Examination). Umumnya test ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar, dan sesi tes logika. Apabila seseorang lolos dalam tes tersebut, maka ia akan lolos ke tahap berikutnya.

Pada umumnya, tes potensi akademik ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar dan sesi tes logika.

TPA biasanya diselenggarakan oleh 1) Program Pascasarjana Universitas tertentu secara independen atau 2) Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) Bappenas bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas tertentu. Untuk itu TPA sering disebut sebagai TPA OTO Bappenas.

Bagi Anda yang sudah pernah menghadapi bagaimana kesulitan dari tes potensi akademik ini, Anda tentu sudah memiliki pengalaman-pengalaman tertentu apabila Anda harus menghadapinya lagi di kemudian hari. Namun tetap saja berbagai persiapan harus dilakukan.

Soal TPA Verbal dan Pembahasannya

1. Pedas : Lombok

A. Manis : Gula

B. Lapar : Makanan

C. Manis : Sirup

D. Kecap : Sakarin

E. Manisan : Teh

Jawaban: A

Pembahasan: Pedas : Lombok, merupakan hubungan rasa dari suatu makanan, yaitu lombok memiliki rasa yang pedas. Gula memiliki rasa manis.

2. Segi empat : Diagonal

A. Luas : Panjang

B. Sudut : Tegak lurus

C. Radius : Busur

D. Lingkaran : Diameter

E. Segitiga : Siku-siku

Jawaban: D

Pembahasan: Dalam segiempat, garis yang menghubungkan dua titik sudut yang tidak bersebelahan dinamakan diagonal. Pada lingkaran terdapat garis yang lurus yang melalui titik tengah lingkaran dari satu sisi ka sisi lainnya dinamakan diameter.

3. Matahari : Bumi

A. Bumi : Gravitasi

B. Bumi : Bulan

C. Bumi : Planet

D. Bumi : Matahari

E. Bumi : Bintang

Jawaban: B

Pembahasan: Matahari : Bumi, memiliki hubungan “rotasi”. Bumi berotasi (mengelilingi) matahari, dan yang mengeliling Bumi adalah Bulan (satelit Bumi).

4. Aceh : Serambi mekah

A. Michael Jackson : King of Pop

B. Michael Schumacer : Pembalap

C. Michael Gorbachev : Pemimpin Soviet

D. Madona : Seksi

E. Cristiano Ronaldo : Portugal

Jawaban: A

Pembahasan: Aceh mendapat atau mempunyai julukan Serambi Mekah. Michael Jackson mendapat julukan King of Pop.

5. Ikan : Sisik

A. Bintang : Angkasa

B. Manusia : Kulit

C. Ayam : Jengger

D. Burung : Udara

E. Kayu : Akar

Jawaban: B

Pembahasan: Bagian luar (kulit) ikan adalah sisik, pada manusia bagian luarnya adalah kulit.

6. Teleskop : Astronomer

A. Pena : Pembaca

B. Pallet : Pelukis

C. Wanita : Feminim

D. Tempat tidur : Pasien

E. Mobil : Tentara

Jawaban: B

Pembahasan: Teleskop adalah alat bantu untuk Astronomer, Pallet adalah alat bantu untuk pelukis.

7. Karet : Getah

A. Sawit : Minyak

B. Kelapa : Santan

C. Tebu : Gula

D. Aren : Nira

E. Air : Hujan

Jawaban: D

Pembahasan: Karet terbuat dari getah, aren terbuat dari nira.

8. Ikan : Insang

A. Harimau : Daging

B. Kucing : Tikus

C. Kuda : Rumput

D. Sopir : Mobil

E. Manusia : Paru-paru

Jawaban: E

Pembahasan: Alat pernapasan pada ikan adalah insang. Alat pernapasan pada manusia adalah paru-paru.

9. Kantuk : Kepenatan

A. Mimpi : Tidur

B. Marah : kegeraman

C. Muka : ekspresi

D. Senyum : kegembiraan

E. Lapar : Lemas

Jawaban: D

Pembahasan: Kepenatan menyebabkan kantuk, kegembiraan menyebabkan senyum.

10. Rambut : gundul

A. Pakaian : bugil

B. Lantai : kotor

C. Cabut : rumput

D. Mobil : mogok

E. Kepala : botak

Jawaban: A

Pembahasan: Orang tidak berambut disebut gundul, orang tidak berpakaian dinamakan bugil.

Cara Menyenangkan Belajar Tes Potensi Akademik (TPA)

Sekarang di Indonesia telah hadir model pembelajaran Tes Potensi Akademik (TPA) yang lebih menyenangkan dan edukatif bagi banyak pihak khususnya calon peserta TPA. Baik peserta TPA SNMPTN untuk calon mahasiswa S1 dan peserta TPA Oto Bappenas untuk calon mahasiswa S2 dan S3. Model pembelajaran Tes Potensi Akademik (TPA) dilakukan secara online. Sehingga sangat cocok bagi kita generasi yang hidup di era digital. Memudahkan dalam banyak hal sebab dapat tidak susah-susah membawa buku berat, dapat di pelajari dimana saja dan kapan saja.

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Download Contoh Soal TPA Verbal dan Pembahasannya

Soal TPA OTO Bappenas terdiri atas 250 soal dengan waktu pengerjaan 3 jam. Soal dibagi dalam 3 subtes, yaitu tes kemampuan verbal, tes numerik, dan tes penalaran. Sukses-tpa.com menyediakan contoh soal Tes Potensi Akademik (TPA) beserta tips keren cara menaklukan soal TPA. Soal TPA di sukses-tpa.com merupakan benar-benar soal TPA. Ini sangat penting sekali bagi kita calon peserta ujian TPA. Karena sekarang beredar banyak contoh soal TPA yang dapat diperoleh dengan gratis, anda tinggal browsing saja di Google. Tapi apakah ada jaminan soal-soal TPA gratis tersebut memang benar-benar soal TPA yang dikeluarkan oleh Kemdikbud atau Oto Bappenas ? Jangan pertaruhkan masa depan anda. Jika anda menginginkan contoh soal tpa gratis, anda bisa klik disini

Demikian pemahaman untuk mengenal Soal TPA Verbal dan Pembahasannya. Ikutlah pelatihan TPA bersama kami agar bisa meneruskan pendidikan S2 atau S3 di kampus yang Anda impikan. Semoga berguna bagi anda para pemburu Tes Potensi Akademik (TPA).

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

Soal TPA Verbal dan Pembahasannya

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

1
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by