Contoh Soal TPA Sinomin dan Pembahasan

Contoh Soal TPA Sinomin dan Pembahasan

Contoh Soal TPA – Tes Potensi Akademik Online merupakan salah satu cara latihan yang bisa dilakukan sebelum mengikuti tes potensi akademik yang sesungguhnya. Selain melalui aplikasi tes potensi akademik online, bisa juga melakukan persiapan dengan membeli buku tes potensi akademik di toko buku, melatih hapalan kosakata yang luas dengan sering-sering membaca koran dan rumus cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan matematika karena memang untuk menjawab tes potensi akademik membutuhkan kecepatan dan ketepatan yang baik. Contoh Soal TPA

Contoh Soal TPA – Soal-soal yang biasanya memakan banyak waktu dalam pengerjaan TPA adalah soal-soal bergambar. Di dalam soal seperti ini, sobat dituntun untuk konsentrasi yang tinggi, dituntut tenang dalam menghadapi soal, atau juga dituntut berimajinasi lebih. Ada sebagian orang yang bilang kalau tes semacam ini hanya bisa diselesaikan bagi orang-orang yang mempunyai IQ di atas rata-rata. Tapi kalau kita mau berusaha belajar lebih giat lagi pasti kita bisa mengerjakannya.

Contoh Soal TPA Sinomin dan Pembahasan

Contoh Soal TPA Sinomin dan Pembahasan

Kali ini kita akan masuk dalam Contoh Soal TPA Sinonim. Di sini kita diwajibkan menemukan satu kata-kata yang bertanda A,B,C,D atau E yang mempunyai arti sama atau paling dekatdengan huruf kapital (huruf besar) yang terdapat di atas kata-kata tersebut. Perhatikan arti dari kata tersebut. Kalau masih ada yang bingung dan penasaran bagaimana bentuk soalnya? dan apa kesulitan yang akan dihadapi? Kita bisa langsung simak dan pelajari saja satu persatu bentuk soalnya. Contoh Soal TPA Sinonim

  1. MUKADIMAH = ….

A. Prapendapat

B. Keterangan

C. Salam

D. Bagian

E. Pendahuluan

Jawaban : E
Penjelasan : Mukadimah berasal dari bahasa Arab. muqoddimah, yang berarti kalimat-kalimat pembuka, prakata, pendahuluan. Dari seluruh pilihan jawaban A, B, C, dan D, tidak ada kata yang memiliki makna yang sama dengan kata ‘mukadimah’. Jadi sinonim yang sesuai dengan kata mukadimah adalah PENDAHULUAN.

  1. BENCANA = ….

A. Bantuan

B. Lawan

C. Bala

D. Rapat Sekali

E. Kawan
Jawaban : C
Penjelasan : Bencana dapat diartikan sebagai melapetaka, kemalangan, musibah, kesusahan, dan segala sesuatu yang dapat menimbulkan kesusahan. Hati-hati dengan pilihan jawaban A (bantuan). Sebab, umumnya kata bencana identik dengan bantuan. Namun, dalam hal ini yang dicari adalah sinonim dari kata bencana. Dengan demikian, bantuan bukan merupakan jawaban yang tepat. Sinonim yang sesuai untuk kata bencana adalah BALA.

  1. ADIKSI = ….

A. Reaksi

B. Ketagihan

C. Kebingungan

D. Fiksi

E. Afiksasi

Jawaban : B
Penjelasan : Untuk dapat menjawab soal ini, Sobat harus mengetahui makna dari kata adiksi. Jangan sampai terkecoh dengan piihan jawaban A (reaksi), D (fiksi), dan E (afiksasi). Ketiganya memiliki bunyi yang mirip dengan kata soal. Namun, sebagaimana yang telah dikemukakan dalam uraian diatas, dalam tes ini yang dicari adalah sinonim. Sinonim merupakan kata yang memiliki persamaan makna, bukan bunyi. Adiksi sendiri berasal dari serapan kata dalam bahasa inggris addcition yang berarti kecanduan, ketagihan, ketergantungan. Dengan demikian, sinonim yang tepat untuk kata adiksi adalah KETAGIHAN.

  1. TANGSI = ….

A. Sanksi

B. Tangkis

C. Tangkas

D. Barak

E. Logistik

Jawaban : D
Penjelasan : Hampir sama dengan soal nomor 3, untuk dapat menjawab soal ini Sobat pembaca harus mengetahui makna yang sebenarnya dari kata tangsi. Jangan sampai terkecoh dengan pilihan jawaban A (sanksi), B (tangkis), dan C (tangkas), yang memiliki bunyi hampir sama. Itu adalah jebakan. Tangsi sendiri memiliki arti asrama. Dengan demikian, sinonim yang tepat dari kata tangsi adalah BARAK.

  1. OPINI = ….

A. Pengetahuan

B. Pendapatan

C. Pendapat

D. Jabatan

E. Jaminan

Jawaban : C
Penjelasan : Opini merupakan kata serapan dari bahasa inggris opinion yang berarti pendapat. Dengann demikian, sinonim yang tepat untuk kata opini adalah PENDAPAT.

  1. SWAKARYA = ….

A. Swakarsa

B. Swadaya

C. Hasil Karya Sendiri

D. Dengan Kekuatan Sendiri

E. Swasembada

Jawaban : C
Penjelasan : Lihat pilihan jawaban A (swakarsa), B (swadaya), dan E (swasembada). Ketiganya diawali oleh bentuk terikat swa-, sama seperti kata soal. Namun demikian, tidak ada dari ketiga pilihan jawaban tersebut yang memiliki makna sama dengan kata soal. Swakarsa berarti keinginan yang timbul dari dalam diri sendiri tanpa ada pengaruh dari pihak luar. Swadaya berarti dengan kekuatan sendiri, Swasembada berarti usaha untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, adapun swakarya berarti hasil kerja sendiri. Jadi sinonim yang tepat dari kata swakarsa adalah HASIL KERJA SENDIRI.

  1. VIBRASI = ….

A. Abrasi

B. Getaran

C. Fluktuasi

D. Dinamika

E. Vibrator

Jawaban : B
Penjelasan : Pada pilihan jawaban A dan C, yaitu abrasi dan fluktuasi, keduanya mempunyai akhiran yang sama dengan kata soal. Sekali lagi, jangan sampai terkecoh dengan kata yang memiliki bunyi yang sama, sebab belum tentu maknanya sama. Abrasi memiliki arti pengikisan batuan oleh air, sedangkan fluktuasi berarti gejala yang menunjukkan naik turunnya harga. Adapun pada pilihan jawaban E, yaitu vibrator, memiliki kata dasar “vibra” sebagiama kata dalam soal. Akhiran “or” umumnya digunakan untuk menunjukkan pelaku. Vibrator berarti alat yang dapat menimbulkan getaran, sedangkan vibrasi adalah getaran. Jadi sinonim dari kata vibrasi yang tepat adalah GETARAN.

  1. LINDU = ….

A. Rindu

B. Sendu

C. Kangen

D. Pilu

E. Gempa Bumi

Jawaban : E
Penjelasan : Lihat pilihan jawaban A (rindu) dan B (sendu), keduanya sama-sama diakhiri oleh suku kata “du” sebagaimana kata dalam soal. Namun, rindu dan sendu bukan merupakan sinonim dari kata lindu, sebab memiliki makna yang berbeda. Sedangkan pilihan jawaban C (kangen) dan D (pilu) justru sinonim dari kata rindu dan sendu. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa sinonim dari kata lindu adalah GEMPA BUMI.

  1. KOLERASI = ….

A. Identifikasi

B. Gambaran

C. Sublimasi

D. Harapan

E. Hubungan

Jawaban : E
Penjelasan : Anda harus mengetahui makna dari kata korelasi yang sebenarnya. Jangan sampai terkecoh dengan pilihan jawaban A (indentifikasi) yang memiliki bunyi yang mirip dengan kata soal. Korelasi merupakan kata serapan dari bahasa inggris corrrelation, yang berarti hubungan. Jadi sinonim dari korelasi yang tepa adalah HUBUNGAN.

  1. GESIT = ….

A. Lincah

B. Malas

C. Sombong

D. Ramah

E. Gembira

Jawaban : E
Penjelasan : Anda harus pahami makna kata gesit yang sebenarnya. Untuk lebih memudahkan sobat memperkirakan maknanya, Sobat dapat memasukan kata gesit dalam sebuah konteks kalimat. Seperti misalnya: Dia cukup gesit menghindari serangan lawan. Gesit memiliki arti lincah, giat, cekatan. Jadi, sinonim kata gesit yang tepat adalah LINCAH

Pelatihan TPA Bappenas

Untuk mempermudah Anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal. Contoh Soal TPA

Jika Anda berminat mengikuti Pelatihan TPA silahkan hubungi kami 0821 4324 7049, atau silahkan KLIK gambar dibawah ini untuk langsung terhubung dengan WhatsApp kami

Contoh Soal TPA Sinomin dan Pembahasan

This entry was posted in Pelatihan TPA Bappenas and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *