was successfully added to your cart.
Pelatihan TPA

Kiat Sukses Menghadapi TPA

By March 27, 2019 No Comments

Kiat Sukses Menghadapi TPA

 

Kiat Sukses Menghadapi TPA

 

 

Kiat Sukses Menghadapi TPA – Ujian potensi akademik merupakan tes ujian yang diperuntukkan bagi seseorang untuk bisa mengetahui kemungkinan tingkat keberhasilannya, ketika ia akan menerima sebuah jabatan atau lain sebagainya, dimana jabatan tersebut membutuhkan kemampuan akademis yang tidak sembarangan. Tes potensi akademik juga pasti akan anda temui jika mendaftar pegawai negeri sipil.

 

Jika anda sudah pernah melewatinya, atau sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian potensi akademis ini, sebaiknya anda sudah mengetahui berapa atau kriteria apa yang dijadikan standar bagi kelulusan anda. Jika mengikuti standar internasional seperti yang diselenggarakan oleh oot bappenas, biasanya skor yang harus dicapai dimulai dari 200 hingga 800.

 

Bagi beberapa orang, tes potensi akademik dianggap menjadi ketakutan tersendiri, karena soal yang diberikan biasnya merupakan pilihan-pilihan yang menjebak. Jika anda tak benar-benar teliti, maka akan sangat mudah bagi anda untuk terperdayai. Namun, hal ini tentu tidak akan terjadi jika anda sudah melakukan beberapa latihan sebelumnya. Nah, agar tak lagi terjebak dengan pilihan yang diberikan dan lebih mudah untuk menembus tes potensi akademik, berikut kiat sukses menghadapi TPA yang bisa anda ingat dan praktekan ketika sedang melaksanakan ujian ini.

 

  1. Mencoba lebih akrab dengan karakteristik setiap soal tes

 

Saat ini, ada banyak sekali instansi yang memberikan tes potensi akademik, namun tentu saja setiap soal dari instansi tersebut memiliki model soal, tingkat kesulitan juga strategi penyelesaian soal yang berbeda. Itu sebabnya, sebelum datang untuk mengikuti ujian ini, sebaiknya anda sudah mengetahui terlebih dahulu bagaimana model dan karakteristik tes yang akan diikuti.

 

Tidak ada cara yang lebih baik selain mencari model soal yang sudah pernah diberikan oleh instansi yang akan anda ikuti tes potensi akademiknya, misalnya pada 3 tahun terakhir. Meskipun begitu, jangan lupa juga bahwa setiap tahun soal ujian yang diberikan tentu saja akan terus berkembang dan semakin sulit, maka anda juga harus lebih teliti dan mencari model tes terkini.

 

 

  1. Jangan pernah malas untuk berlatih

 

Tes potensi akademik tidak pernah sesederhana yang anda pikirkan, namun juga tidak sesulit dan semenakutkan seperti yang ada di benak calon peserta ujian selama ini. Kiat sukses menghadapi tpa yang paling mungkin bisa membantu anda untuk bisa lulus dari ujian semacam ini ialah terus menerus berlatih. Beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelum mengikuti ujian, teruslah berlatih hingga anda benar-benar merasa yakin bahwa bisa memahami setiap model soal ujian.

 

Dengan rajin berlatih pula, maka kecepatan anda untuk memahami dan menemukan jawaban untuk setiap soal ujian potensi akademik akan semakin meningkat saja, jadi jangan pernah malas untuk berlatih dengan soal-soal yang  sudah pernah ada sebelumnya. Terlebih saat ini tidak sulit bagi anda untuk menemukan soal-soal ujian semacam ini.

 

 

  1. Memastikan bahwa tubuh sedang dalam keadaan prima

 

Rajin berlatih bukan berarti terus menerus memforsir diri dan pikiran anda dengan berkutat pada soal secara terus menerus. Bukannya akan membantu anda ketika tes potensi akademik sedang berlangsung, terlalu memforsir diri malah akan menyiksa tubuh anda sendiri dan menjadikan tubuh tidak dalam kedaan fit dan prima ketika ujian berlangsung.

 

Itu sebabnya, pastikan juga bahwa tubuh anda tetap dalam kedaan baik hingga ujian datang. Tidak sedikit orang yang mengaku tidak enak badan atau merasa terlalu lelah ketika melakukan ujian, karena beberapa waktu terakhir terlalu memaksakan dirinya berkutat dengan soal-soal yang sulit. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri dalam berlatih ya.

 

 

  1. Tak hanya fisik yang harus tetap prima, namun mental juga

 

Akan dirasa percuma jika anda sudah menyiapkan kondisi fisik anda sedemikian rupa, namun keadaan spiritual dan mental anda tidak demikian adanya. Ya, selain fisik anda yang harus selalu dalam kedaan baik ketika akan dan sedang melaksanakan tes potensi akademik, pastikan juga bahwa mental anda sedang baik-baik saja.

 

Ketika mental anda sedang prima, maka rasa tegang, takut, tidak percaya diri dan lain sebagainya akan hilang begitu saja. Sehingga anda akan lebih tenang dan percaya diri dalam menyelesaikan setiap soal ujiannya, dan soal-soal yang ada tidak akan terasa semenakutkan seperti yang ada dalam pikiran anda selama ini.

 

 

  1. Tetap fokus pada soal untuk setiap sesi

 

Fokus dan konsentrasi dalam kiat sukses menghadapi TPA adalah hal yang perlu anda tekankan pada soal yang ada di depan anda. Rasa fokus secara otomatis juga akan sangat membantu anda untuk lebih teliti, sehingga akan lebih kecil lagi kemungkinan bagi anda untuk melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal ujian potensi akademik tersebut.

 

Cara mudahnya, baca dan perhatikan setiap soal yang ada, karena setiap sesi akan memiliki model soal yang berbeda. Jika anda tidak berhasil memahami soal atau instruksi yang ada, maka secara otomatis anda juga akan memberikan jawaban yang tidak tepat. Dan ya, semakin banyak anda melakukan kesalahan karena tidak fokus, maka akan semakin kecil pula peluang anda untuk bisa lulus tes ini.

 

 

  1. Mulai kerjakan dari yang paling mudah

 

Bisa menyelesaikan soal yang dianggap paling sulit memang akan memberikan rasa puas tersendiri bagi anda, namun jangan terlalu mengikuti ego seperti itu dan anda harus membuang terlalu banyak waktu. Kiat sukses menghadapi TPA paling bijaksana yang bisa anda lakukan saat sedang melaksanakan tes potensi akademik ialah memulai dengan soal yang paling mudah terlebih dahulu, sehingga akan semakin banyak skor yang anda kumpulkan dalam waktu secepat mungkin.

 

Jika memang soal-soal yang dianggap mudah sudah selesai dikerjakan, barulah mulai dengan soal-soal lain yang tingkat kesulitannya semakin naik. Lebih baik mengerjakan 10 soal mudah dibandingkan dengan 3 soal sulit dalam 10 menit bukan?

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

 

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Kiat Sukses Menghadapi TPA

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

1
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by