was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA Bappenas

Manfaat Tes Potensi Akademik

By May 18, 2017 No Comments

Manfaat Tes Potensi Akademik

 

Pasti tidak asing lagi dengan Tes Potensi Akademik (TPA). Biasanya kita melakukan tes ini untuk mengukur seberapa tingkat penguasaan kita di bidang akademik. Pada dasarnya Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang akademis atau keilmuan baik di bidang sains, sosial maupun bahasa.

Manfaat Tes Potensi Akademik

Tes potensi akademik identik dengan tes Graduate Record Examination (GRE) sebagai standar internasional. Hampir sebagian besar model, materi dan bidang yang diujikan dalam tes potensi akademik sama dengan Graduate Record Examination. Perlu Anda ketahui bahwa tes potensi akademik ini memiliki beberapa manfaat bagi kita, manfaat tes potensi akademik antara lain adalah:

 

  • Untuk Mengetahui Kemampuan Akademis

Sesuai dengan namanya, manfaat tes potensi akademik berfungsi untuk mengukur sejauh mana kemampuan akademik seseorang terutama pada 4 aspek penting yaitu, bahasa, matematika, logika dan gambar. Dengan begitu kita akan mengetahui seberapa persen kemampuan kita di bidang akademik.

 

  • Untuk Mengetahui Bakat dan Minat

Manfaat tes potensi akademik juga bisa digunakan untuk mengetahui bakat dan minat. Dia lebih condong kemana, sain, sosial atau bahasa. Biasanya kegiatan ini dilakukan saat SMA yaitu saat penjurusan. Hasil dari tes potensi akademik bisa dijadikan patokan untuk menempatkan siswa di tempat yang benar.

 

  • Melatih Kecepatan

Proses tes potensi akademik dilakukan dengan pemberian waktu, jadi 4 jenis soal yang ada di tes tersebut harus selesai dalam kurun waktu tertentu. Dengan begitu manfaat tes potensi akademik yang kita dapat yaitu kita akan terbiasa bekerja dengan cepat. Karena bila kita tidak berusaha untuk bekerja cepat kita akan tertinggal dan hasilnya pun tidak sesuai dengan harapan kita.

 

  • Mengasah Otak

Soal yang ada di dalam tes potensi akademik memang simple tapi mengecoh. Selain itu soalnya juga kompleks dan variatif. Hal ini membuat kita berfikir secara sungguh-sungguh. Kita harus memilih jawaban yang paling benar. Manfaat tes potensi akademik ini mampu meningkatkan kemampuan otak.

 

  • Melatih Konsentrasi

Dalam mengerjakan soal tes potensi akademik kita diwajibkan untuk berkonsentrasi. Soal yang disajikan perlu pemikiran yang efektif untuk mendapatkan hasil yang baik. Jika konsentrasi kita hilang sejenak saja, maka kita akan kehilangan memontum mengerjakan soal potensi akademik. Dengan melakukan tes ini manfaat tes potensi akademik yang didapat yaitu melatih dan mempertajam konsentrasi kita.

 

  • Menjauhkan dari Sifat Ceroboh

Mungkin kita masih bingung dan tidak yakin bahwa manfaat tes potensi akademik mampu menghilangkan sifat ceroboh. Memang benar tes potensi akademik mampu meningkatkan kewaspadaan dan menghindari sifat kecerobohan. Buktinya saat pelaksanaan SBMPTN, sistem penilaiannya jika benar 3 poin, tidak di isi 0, jika salah -1. Di sini kita benar-benar harus berfikir terlebih dahulu sebelum mengisi jawaban.

Pengerjaan soal TPA berbeda dengan ujian lain yang kalau kita tidak bisa tinggal mencontreng salah satu jawaban dengan memakai feeling, namun jika dalam TPA Anda ragu maka tidak usah di isi. Dengan begitu kita akan terbiasa untuk berhati-hati dan tidak gegabah atau ceroboh.

 

  • Melatih Kejujuran

Manfaat tes potensi akademik lainnya yaitu dalam pelaksanaannya bisa melatih kita untuk selalu berbuat jujur. Selain ada pengawas, kita juga tidak sempat menoleh kesana kemari karena waktu yang disediakan terbatas. Sehingga mau tidak anda harus fokus dan memikirkan kerjaan kita tanpa bisa mencontek orang lain. Dengan hal inilah kejujuran kita akan terbentuk.

 

  • Membangun Kepercayaan Diri

Manfaat tes potensi akademik yang didapat juga bisa membuat kepercayaan diri kita bertambah. Tadi sudah disinggung tentang saat tes dilakukan kita tidak bisa mencontek bahkan menolehkan kepala saja tidak bisa. Hal ini membuat Anda harus percaya pada diri Anda sendiri. Yang paling penting adalah kita harus selalu percaya pada kemampuan diri sendiri. Jangan mencontek karena belum tentu jawaban orang lain atau teman Anda benar.

 

  • Menjadi Evaluasi Bagi Kita

Dengan melakukan tes potensi akademik, manfaat tes potensi akademik yang didapat yaitu kita akan mengetahui seberapa kemampuan kita di bidang akademis. Selain itu dengan melakukan tes potensi akademik kita bisa tahu bakat dan minat kita terletak dimana, kita kuatnya pada bidang apa. Selain itu saat kita gagal dalam tes, maka kita akan instropeksi diri kita apa yang kurang dari kita dan kita akan terus belajar dengan tujuan untuk lulus dalam tes potensi akademik berikutnya.

 

Inilah beberapa manfaat tes potensi akademik bagi kita.Namun hasil tes potensi akademik sangat dipengaruhi oleh pelaksananya. Jika kita dalam kondisi yang baik dan benar-benar mengerjakannya maka hasil itu akan relevan dengan kemampuan anda. Namun jika kita mengerjakannya asal-asalan maka hasil dari tes potensi akademik tidak akan sesuai dengan kemampuan kita.

 

 

Manfaat Tes Potensi Akademik

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply