Pelatihan TPA S2

Pelatihan TPA S2

Pelatihan TPA S2 – Mata Ujian Tes Potensi Akademik atau seringkali kita singkat TPA merupakan mata ujian yang sering dipandang sulit oleh para peserta yang mengikuti berbagai jenis ujian seperti SNMPTN dan Seleksi Cpns. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Tes Potensi Akademik (TPA) itu? Secara sederhana TPA dapat diartikan Suatu jenis tes yang mengujikan tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar yang bertujuan ntuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Skor TPA/TKU masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA/TKU yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan OTO Bappenas dan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di dalam negeri. Skor tersebut antara 200 s.d 800 dimana paling rendah adalah 200 dan paling tinggi (apabila benar semua) adalah 800). Skor TPA yang diterbitkan OTO Bappenas berlaku hingga 2 th (dua tahun) sejak tanggal tes, dan tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes TPA kembali.

 

Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik ini juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional. Saat ini, TPA telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN.

 

Bahkan kenaikan jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga mempersyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan skor minimum tertentu. Pelatihan TPA S2 juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3.

 

Pelatihan TPA S2 PTN atau calon PNS seringkali kesulitan mengantisipasi jenis tes ini. Permasalahan ini membuat kami merasa terundang untuk memberikan sekedar pencerahan tentang pelatihan TPA S2 dengan memberikan Panduan Online gratis yang bisa Anda akses dari mana pun Anda dan siapa pun Anda.

 

Materi soal TPA, TBS, TKU, TKA serupa dengan GRE dan GMAT karena soal-soal TPA memang kombinasi antara keduanya. Pelatihan TPA/TKU/TKA diadakan untuk mengenalkan model tes dengan pertimbangan orang yang mempunyai potensi tinggi namun belum pernah mengenal bentuk soal dan strategi mengerjakan tes seleksi tersebut selalu mendapat skor/nilai yang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang pernah mengikuti dan telah memahami aturan mainnya. Dengan mengikuti pelatihan ini maka nilai dapat dimaksimalkan dan skor yang didapat peserta lebih objektif, sebab bila setelah mengikuti pelatihan skor-nya tinggi maka memang objektitif tinggi dan bila rendah maka memang objektinya rendah.

 

 

Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Bappenas (Pusbindiklatren) sebagai salah satu unit kerja eselon II di bawah Sekeretaris Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Sekretaris Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Sesmenneg PPN/Sestama Bappenas telah menjalani beberapa peran yang cukup bervariasi dari masa ke masa.

 

Hal terakhir ditandai dengan penajaman ruang lingkup pada tugas dan fungsinya, yang semula meliputi pengembangan pegawai negeri sipil (PNS) dan swasta (LSM) di berbagai bidang pembangunan, kini hanya meliputi PNS yang bekerja di bidang perencanaan saja baik di instansi pusat maupun daerah.

 

Dalam kaitan ini, faktor-faktor yang turut memberi pengaruh adalah bermula pada tahun 1984 dibentuk Tim Pendayagunaan Dana Luar Negeri (TPDLN) untuk pendidikan dan pelatihan atau dikenal dengan nama Overseas Training Office (OTO), yang kesekretariatannya berada pada Biro Administrasi Pendidikan dan Latihan Bappenas.

 

Dengan demikian, secara kelembagaan, OTO menjadi bagian dari Biro Administrasi Pendidikan dan Latihan Bappenas dengan tugas mengelola dan mengkoordinasikan dana hibah luar negeri untuk peningkatan sumber daya manusia khususnya PNS melalui program beasiswa S2 dan S3 luar negeri.

 

Seiring dengan semakin dipercayanya OTO sebagai penyelenggara program beasiswa S2 dan S3 luar negeri, pada tahun 1996, OTO dan Biro Administrasi Pendidikan dan latihan Bappenas dilebur menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan (Pusdiklat Renbang) Bappenas. Disamping melanjutkan peran yang semula dilaksanakan oleh OTO, Pusdiklat Renbang mempunyai tugas untuk mengembangkan :

  1. berbagai program diklat gelar (S2 dan S3) tidak saja di luar negeri namun juga di dalam negeri,
  2. alat seleksi program diklat/beasiswa,
  3. program persiapan Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya untuk diklat,
  4. kurikulum diklat jangka pendek, dan
  5. model pembiayaan diklat.

 

 

Tips Sukses Menghadapi Tes Potensi Akademik

 

TPA terdiri dari tiga bagian soal yaitu Verbal, Kuantitatif dan Logika. Jumlah soalnya 250 soal dengan waktu 180 menit. Jadi untuk satu soal anda hanya diberi waktu sekitar 40 detik. Untuk verbal mungkin bisa dengan mudah dijawab tetapi bagaimana dengan soal matematika? Berikut ini adalah beberapa tips sukses menghadapi Tes Potensi Akademik :

 

  • Ikut pelatihan TPA S2. Disini kita akan diberikan materi dan latihan-latihan soal yang berkaitan dengan tes potensi akademik dan Disini kita dapat mempelajari berbagai cara, tips dan trik untuk menjawab soal tes potensi akademik dengan mudah dan cepat.
  • Intens Belajar. Sebulan sebelum tes, belajar dan kerjakan latihan soal berkali-kali agar otak terbiasa berpikir logis dan dengan hitung-hitungannya dan karna untuk menjawab soal tes potensi akademik banyak yang perlu dihafalkan.
  • Hafalkan bagian aritmatika bentuk lain dari pecahan, desimal, persen dan juga soal perpangkatan.
  • Hafalkan juga kata-kata bahasa Indonesia yang sering ditemui di koran, jurnal ilmiah dan dokumen formal. Contohnya : Defekasi, ini adalah istilah yang digunakan untuk buang air besar.
  • Sebelum tes, jangan lupa sarapan dan badan harus fit. Karena tes ini memang menyita energi. Malam sebelum tes jangan begadang untuk belajar. Saat menunggu tes dimulai, jangan buka buku, karena akan membuat fikiran menjadi stress. Lebih baik sarapan bagi dan jangan lupa untuk berdoa.
  • Jangan terpaku pada satu soal. Jika merasa tidak bisa, langsung lewat saja. Dan kerjakan soal yang memang di anggap mudah.

 

Jadi bagi Anda yang akan mengikuti Tes Potensi Akademik, akan sangat membantu jika Anda menginvestasikan waktu mengikuti pelatihan TPA supaya menghemat waktu belajar. Selain itu Anda akan memperoleh tip dan trik mengerjakan soal-soal TPA yang tidak diajarkan di buku-buku soal TPA atau buku pelatihan TPA.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan TPA Bappenas dan UI

KLIK WhatsApp Sekarang

 

 

Pelatihan TPA S2

This entry was posted in Pelatihan TPA Bappenas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *