was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA Bappenas

Pelatihan TPA UI

By March 24, 2017 No Comments

Pelatihan TPA UI

 

Pelatihan TPA UI – Tes Potensi Akademik bisa dibilang adalah sebuah tes bertujuan untuk mengetahui bakat & kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis. Sehingga, TPA ini sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik merupakan suatu standar tes yang bertujuan untuk mengukur potensi akademik calon mahasiswa dengan membandingkan potensi satu calon mahasiswa dengan mahasiswa lain secara lebih obyektif, baik itu calon mahasiswa S1, S2, dan S3. TPA masuk ke SNMPTN untuk S1 sejak tahun 2012. Bahkan juga, TPA digunakan pada Tes Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil namun sering dipanggil sebagai psikotest.

Pelatihan TPA UI

Pelatihan TPA UI

Universitas Indonesia mulai beberapa tahun terakhir ini telah menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menggunakan hasil dari tes TPA sebagai salah satu acuan untuk calon mahasiswanya. Calon mahasiswa S1, S2 dan S3 harus menyerahkan hasil tes TPAnya, tentu saja nilai yang disyaratkan di masing-masing fakultas yang akan dituju tidak sama.

Seperti halnya tes TPA pada umumnya, Soal TPA UI pun juga terdiri dari 4 bagian tes yaitu:

  1.  Tes Verbal
  • Tes sinonim
  • Tes Antonim
  • Tes Padanan Hubungan
  • Tes Pengelompokan kata
  1.   Tes Angka
  • Tes Aritmetik
  • Tes Seri Angka
  • Tes Seri Huruf
  • Tes Logika Angka
  • Tes Logika Diagram
  1.  Tes Logika
  • Tes Logika Umum
  • Tes Logika analisa pernyataan dan kesimpulan
  • Tes Logika Cerita
  • Tes Logika Diagram
  1.  Tes Gambar
  • Tes Padanan Hubungan Gambar
  • Tes Seri Gambar

Tes seperti TPA ini sebenarnya jika dipikir pikir lebih gampang daripada tes-tes ujian kenaikan sekolah, karena meskipun sama sama memiliki soal-soal dalam bidang matematika, namun soal matematika yang digunakan dalam tes TPA tidak serumit matematika dalam tes-tes ujian misal SMPTN. Hal ini terjadi karena soal yang ada di tes TPA adalah soal-soal yang memerlukan penalaran secara logika yang teratur jadi tidak memerlukan rumus-rumus turunan yang rumit.

Begitu juga soal dalam tes verbal, peserta akan diberikan soal-soal menyangkut padanan kata, lawan kata, persamaan kata dan pengelompokkan kata. Oleh sebab itu sekali lagi ditekankan untuk sebisa mungkin tenang dalam menjawab soal TPA UI seperti ini.

Sebenarnya sebelum mengikuti tes TPA yang resmi, Anda bisa belajar banyak dari TPA online di mana dalam akhir tesnya anda akan mengetahui nilai Anda sesuai jawaban menurut ketentuan soal yang berlaku baik dari waktu pengerjaan dan ketepatan jawaban. Memang soal dalam TPA online tidak akan sama dengan soal TPA UI namun jika Anda sudah terbiasa mengerjakan dan mengetahui pola dan patternnya maka akan gampang mencari jawaban dari soal-soal tersebut.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA UI.

Mengapa Pelatihan TPA UI Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Apa Saja Manfaat PelatihanTPA UI ?

Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Selain itu keuntungan lainnya adalah :   Nilai TPA pasca pelatihan yang diperoleh karyawan/ peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang tinggi bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah;

Pelatihan TPA UI akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah.

Dengan mengikuti Pelatihan TPA UI yang akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi TPA.

Pelatihan TPA UI

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply