Persiapan Ujian SIMAK S2 UI

Persiapan Ujian SIMAK S2 UI

 

Persiapan Ujian SIMAK S2 UI

Persiapan Ujian SIMAK S2 UI – Ada yang lagi persiapan SIMAK UI? Tulisan kali ini, aku akan berbagi informasi mengenai seluk beluk SIMAK UI, bagaimana menghadapi soal-soal TPA. Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

 

Jadwal SIMAK UI sebenernya bisa dilihat di website : penerimaan.ui.ac.id Penerimaan via SIMAK dilakukan 3 kali dalam satu tahun, jadwal dan tahapan pendaftaraan semua jelas ada di website tersebut. Jadi ada kesempatan beberapa kali untuk yang gagal mengikuti SIMAK UI.

Ada beberapa syarat akademik yang harus dilakukan untuk dapat masuk UI :

  1. Mempunyai IPK sekurang-kurangnya 2,75 dalam skala 4.0
  2. Memiliki hasil TPA dengan skor minimal 500
  3. Memiliki hasil tes TOEFL ITP minimal 500, atau lolos tes bahasa Inggris yang disediakan oleh UI.

 

Perlu diketahui persiapan ujian SIMAK S2 UI digunakan sebagai sarana untuk mendeteksi tingkat kemampuan seseorang dalam bidang akedemik. Tes potensi akademik (TPA) saat ini mulai banyak diminati oleh perusahaan perusahaan swasta dalam menjaring calon karyawan baru maupun karyawan lama yang akan mendapatkan promosi untuk jabatan baru sekelas manajer. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pun juga wajib melakukan tes ini sebagai salah satu standart untuk bisa lolos tahap seleksi. Di beberapa perguruan tinggi negeri juga sudah memulai memanfaatkan TPA sebagai salah satu syarat bagi calon mahasiswanya untuk menempuh jurusan tertentu, termasuk Univesitas Indonesia.

 

Untuk mempermudah Anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya Anda memperlajari dan berlatih mengerjakan soal-soal TPA agar Anda menjadi akrab dan tahu seperti apa bentuk soalnya. Sekarang ini banyak situs-situs internet yang menyediakan TPA online sebagai latihan bagi para calon peserta TPA sebelum peserta benar-benar melaksanakan atau mengikuti TPA secara resmi, TPA online seperti ini sangat membantu calon peserta karena di akhir tes peserta akan langsung bisa melihat nilai yang dia dapat setelah melakukan tes. Ada beberapa yang berbayar namun banyak juga yang gratis dengan syarat harus memiliki koneksi internet yang handal dan tidak lemot karena dikhawatirkan jika terjadi lemot maka akan berakibat pada nilai yang di dapatkan.

 

Tapi bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet yang handal bisa mendapatkan Soal TPA SIMAK S2 UI PDF yang banyak beredar di internet. Soal TPA SIMAK S2 UI PDF seperti ini akan berisi soal-soal yang memiliki pola dan pattern mirip dengan soal TPA resmi, memang soal yang tertera disana tidak akan sama persis tapi setidaknya dengan terbiasa mengerjakan soal-soal serupa akan memudahkan anda menganalisa soal TPA resmi.

 

Sayangnya, ada layanan yang berbayar dan ada pula yang gratis. Mereka para penyedia layanan akan menautkan password pada bagian depan Contoh Soal TPA UI PDF ini, password bisa Anda peroleh setelah membayar sesuai ketentuan yang di tetapkan, sebenarnya jika memang anda benar-benar membutuhkan contoh Soal TPA UI untuk menjalani tes TPA maka mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan passwordnya adalah pilihan yang logis tapi tentu saja Anda wajib berhati-hati terhadap penipuan secara online, cara paling gampang adalah dengan jalan mengamati track record si penjual lewat komentar-komentar para pembeli sebelumnya.

 

Nah, untuk Anda yang tak ingin repot-repot membayar atau takut tertipu kami punya solusinya. Kami menyediakan Contoh Soal TPA UI PDF. Contoh Soal TPA UI PDF ini bisa Anda download GRATISSS…

 

Soal TPA SIMAK S2 UI PDF bisa Anda download disini

 

Untuk mempermudah Anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya Anda mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Simak UI S2 adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA Simak S2 UI sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA Simak UI S2 kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

 

 

Mengapa Pelatihan TPA Simak S2 UI Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Persiapan Ujian SIMAK S2 UI

This entry was posted in Pelatihan TPA Bappenas and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *