was successfully added to your cart.
Pelatihan TPA Bappenas

Persyaratan Pascasarjana S2 UI

By September 25, 2018 No Comments

Persyaratan Pascasarjana S2 UI

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yang dibangun sejak tahun 1849 lalu di Depok, Jawa Barat. Saat ini UI memiliki beragam jenjang pendidikan mulai dari vokasi, sarjana, magister, doktor, dan juga profesi. Lalu apa sajakah persyaratan pascasarjana S2 UI agar dapat diterima di UI? Salah satunya dengan mendapat skor TPA minimal 500.

 

Seperti halnya tes-tes lainnya, untuk menghadapi persyaratan pascasarjana S2 UI ini Anda harus banyak berlatih, berlatih dan berlatih soal TPA. Dengan berlatih, Anda menjadi akrab dengan berbagai jenis dan tipe soal, sehingga kemampuan analisa Anda semakin terasah dan semakin tajam. Kemampuan analisa yang tajam ini sangat membantu Anda nantinya dalam menempuh tes TPA dan meraih skor hasil yang optimal. Selain dengan perbanyak latihan mengerjakan soal Simak UI Program Pascasarjana, Anda bisa juga menguikuti Pelatihan TPA Simak UI Program Pascasarjana.

 

Dengan mengikuti pelatihan TPA SIMAK UI S2, kita akan diberikan materi dan latihan-latihan soal yang berkaitan dengan Tes Potensi akademik dan disini kita dapat mempelajari berbagai cara, tips dan trik untuk menjawab soal TPA yang menjadi salah satu persyaratan pascasarjana S2 UI dengan mudah dan cepat.

 

 

Pelatihan TPA UI

 

Untuk mempermudah Anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Lalu apa saja yang menjadi  pertanyaan-pertanyaan para calon mahasiswa magister UI ini ? berikut di bawah ini beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh calon mahasiswa.

 

 

  1. Kapan jadwal penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana UI ?

Pendaftaran jenjang Pascasarjana dibuka tiga kali dalam satu tahun akademik, yakni:

*Semester Gasal:

Gelombang 1 Pendaftaran Februari – Maret

Gelombang 2 Pendaftaran April – Mei

*Semester Genap: Pendaftaran Oktober – November

NOTE: Tidak semua program studi membuka pendaftaran di setiap periode.  Daftar prodi yang dibuka setiap periode baru bisa diketahui saat periode pendaftaran berlangsung.

 

 

  1. Apakah di UI menerima mahasiswa transfer ?

Tidak. UI tidak menerima mahasiswa transfer. Jalur seleksi yang tersedia untuk jenjang Pascasarjana hanya SIMAK UI. Jika ingin menanyakan atau mengajukan transfer kredit/sks, silakan hubungi fakultas atau program studi setelah pendaftar dinyatakan sebagai mahasiswa. Disetujui atau tidaknya transfer kredit/sks kembali pada kebijakan masing-masing fakultas atau prodi.

 

 

  1. Apa saja materi ujian saringan masuk Pascasarjana ?

Materi ujian seleksi pascasarjana yang diujiankan ialah TPA (PEKA / Pengukuran Kemampuan Akademik) dan Bahasa Inggris.

 

 

  1. Apa saja perbedaan kelas reguler dan kelas khusus di program Pascasarjana UI ?

Pada umumnya jadwal kuliah kelas reguler dilaksanakan pagi-siang hari, sedangkan kelas khusus biasanya dilaksanakan pada sore/malam hari. Kami sarankan untuk konfirmasi ke masing-masing prodi, mengingat ada beberapa prodi yang meskipun tercantum kelas reguler jadwal kuliahnya dimulai dari sore atau perkuliahan hanya dilakukan pada hari-hari tertentu.

 

 

  1. Apa saja persyaratan pascasarjana S2 UI ?

Persyaratan pascasarjana S2 UI peserta harus memiliki legalisir ijazah dan transkip nilai jenjang pendidikan sarjana atau profesi atau magister dalam bidang ilmu yang sesuai. Persyaratan pendaftaran spesifik untuk masing-masing program studi dapat dilihat pada website penerimaan.ui.ac.id ketika periode pendaftaran berlangsung.

 

 

  1. Apakah pada program Pascasarjana dapat mengajukan tunda kuliah ?

Ya. Mahasiswa program pascasarjana dapat mengajukan tunda kuliah. Silakan mengajukan tunda kuliah ke program studi masing-masing setelah pendaftar dinyatakan lulus seleksi. Disetujui atau tidaknya tunda kuliah, kembali pada kebijakan masing-masing fakultas atau prodi. Oleh karena itu, cek persyaratan pendaftaran masing-masing prodi yang tertera di http://penerimaan.ui.ac.id pada masa pendaftaran.

 

 

  1. Apabila saya merupakan lulusan S1 Luar Negeri dan ingin melanjutkan S2 di UI, apakah bisa ?

Ya. Anda harus menyetarakan ijazah ke Dikti. Tautan info dan tempat mengajukan penyetaraan ijasah lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat dilihat pada website http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ Anda akan diminta untuk unggah dokumen hasil penyetaraan ijazah ketika melakukan pendaftaran.

 

 

  1. Apabila saya belum mendapatkan ijazah dari kampus, apakah saya masih bisa mendaftar S2 ?

Ya. Anda bisa mendaftar jika anda sudah dinyatakan lulus dan minimal sudah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dan Transkip Nilai (yang sudah lengkap hingga IPK akhir) dan ditandatangan minimal setingkat Dekan.

 

  

  1. Apakah Pascasarjana UI menerima lulusan D4 ?

Persyaratan pendaftaran termasuk latar jenjang pendidikan program sebelumnya berbeda-beda untuk setiap prodi. Oleh karena itu, cek persyaratan pendaftaran masing-masing prodi yang tertera di http://penerimaan.ui.ac.id pada masa pendaftaran.

 

 

  1. Apakah saya dapat mengajukan keringanan/cicilan apabila diterima pada program Pascasarjana UI ?

Pembayaran biaya pendidikan jenjang Pacasarjana dibayarkan penuh setiap semester dan tidak ada skema keringanan/cicilan. Untuk kebijakan lebih lanjut mengenai cicilan, sila ajukan ke Direktorat Keuangan UI di Gedung PAU (Rektorat) Kampus UI Depok.

 

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

 

Apa Saja Manfaat Pelatihan TPA ?

Konsultan sukses-tpa berpengalaman menyelenggarakan Pelatihan TPA maupun Private TPA. Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Namun setelah mengikuti pelatihan di konsultan Sukses TPA hasilnya sebagian besar peserta TPA meningkat tajam. Ini dikarenakan mereka telah belajar soal-soal TPA dan bagaimana cara mengerjakan dengan cepat.

 

 

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA Bappenas Silahkan

KLIK WhatsApp Sekarang

 

Persyaratan Pascasarjana S2 UI

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

1
×
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?