was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA Bappenas

Soal Tes Pemahaman Wacana TPA

By March 19, 2020 No Comments

Soal Tes Pemahaman Wacana TPA

 

Soal Tes Pemahaman Wacana TPA

 

Soal Tes Pemahaman Wacana TPA – Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan. TPA sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada GRE.

 

TPA merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numerik) dan gambar (figural/spasial). Secara psikologi dipercaya bahwa terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus dimiliki seseorang sehingga ia berpeluang-besar berhasil menangani masalah yang bersifat intelektual. Karena itulah, TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian mahasiswa baru dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta. TPA digunakan dalam SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009 dan digunakan dalam SNMPTN tertulis untuk S1 sejak tahun 2012. Selain digunakan dalam penyaringan mahasiswa, TPA juga digunakan dalam penyeleksian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di kalangan peserta tes CPNS, TPA kerap disebut psikotest.

 

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kegesitan mental seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), serta tes logika cerita dan soal pemahaman wacana TPA.

 

Tes angka berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

 

Tes figural atau spasial berfungsi mengukur kegesitan mental seseorang berurusan dengan gambar, simbol dan diagram. Tes ini meliputi tes logika diagram, pola, bangun ruang, dan lainnya.

 

Di dalam tes potensi akademik ada banyak ragam jenis soal ujiannya salah satunya adalah soal Tes Pemahaman Wacana TPA. Ada beberapa tips yang bisa kami bagikan kepada Anda agar nantinya saat menyelesaikan soal tes pemahaman wacana TPA dapat dikerjakan dengan waktu seefektif mungkin.

 

Tips menjawab soal tes pemahaman wacana TPA :

  1. Terlebih dahulu baca soal tes pemahaman wahana tpa yang ada dibawah teks wacana tersebut
  2. Pahami dengan jelas apa yang ditanyakan dalam soal tersebut
  3. Mulailah membaca secara detail kata perkata dalam soal tes pemahaman wacana tpa tersebut
  4. Sambil membaca temukan ide pokok dari teks wacana itu karena biasanya yang ditanyakan dalam soal adalah ide pokok
  5. Hubungkan pertanyaan yang sudah terlebih dahulu anda baca dengan isi dari wacana tersebut
  6. Baca kembali soal tes pemahaman wacana tpa yang pada modul dan temukan jawaban yang paling tepat

 

 

 

 

Soal Tes Pemahaman Wacana TPA

 

Wacana :

Reporter media lokal meliput kejadian terjadinya penangkapan warga negara berkebangsaan Thailand yang didapati menyelundupkan narkotika jen is heroin ke Indonesia. Petugas Bea Cukai Bandara Juanda Surabaya langsung sigap menangkap tersangka yang terbukti membawa heroin seberat 2,671 kg. Chanraem Suwason, ditangkap diterminal kedatangan internasional, Kamis (23/4/2009) malam. Polisi menduga Chanraem Suwason hanya sebagai kurir. Wanita berusia 27 tahun ini diduga menjadi korban sindikat narkotika internasional. Dari pengakuan tersangka selama diinterogasi polisi barang itu berasal dari seorang ABK asli Liberia saat di Thailand.

 

 

  1. Pihak yang tidak terlibat langsung dalam kasus di atas adalah …

A.Abk asal liberia

B.Polisi

C.Petugas bea cukai

D.Chanraem Suwason

E.Reporter

 

Kunci Jawaban : (A) Abk asal liberia

Pembahasan : Pihak yang tidak terlibat langsung dalam kasus yang disebutkan pada bacaan tersebut adalah ABK asal Liberia. ABK asal Liberia adalah pihak yang memberikan heroin seberat 2,671 kg kepada Chanraem Suwason dan tidak berada tempat kejadian, yaitu bandara.

 

 

  1. Bacaan diatas termasuk …

A.Rentetan peristiwa

B.Pengumuman

C.Berita

D.Klarifikasi

E.Sayembara

 

Kunci Jawaban : (C) Berita

Pembahasan: Bacaan tersebut termasuk berita karena merupakan laporan suatu peristiwa yang berdasarkan fakta.

 

 

  1. Pernyataan yang tidak sesuai dengan kasus diatas adalah …

A.Tempat kejadian perkara itu adalah di bandara

B.Polisi dan petugas bea cukai bekerja sama menangkap tersangka

C.Tersangka merupakan warga negara asing

D.Heroin yang dibawa tersangka berasal dari Liberia

E.Tersangka terbukti membawa narkotika jenis heroin seberat 2,671 kg

 

Kunci Jawaban : (B) Polisi dan petugas bea cukai bekerja sama menangkap tersangka

Pembahasan : Pernyataan yang tidak sesuai dengan kasus dalam bacaan tersebut adalah polisi dan petugas Bea Cukai bekerja sama menangkap tersangka. Dalam paragraf tersebut tidak disebutkan bahwa polisi dan petugas bea cukai bekerja sama mengkap Chanraem Suwason.

 

 

Untuk menjawab pertanyaan seputar tes potensi akademik memang dibutuhkan keahlian khusus, dalam hal ini peserta dilatih untuk menemukan inti dari wacana yang disediakan. Untuk itu banyak latihan soal-soal TPA menjadi hal yang sangat penting sebagai bahan persiapan menghadapi tes potensi akademik.

 

 

Mengapa Pelatihan TPA Bappenas Penting ?

 

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka Les TPA Bappenas ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Soal Tes Pemahaman Wacana TPA

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

Chat Now
1
Mau soal TPA secara Gratis ? Klik disini
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by