was successfully added to your cart.

Cart

Soal Tes Potensi Akademik Antonim

Soal Tes Potensi Akademik Antonim

 

Tes potensi akademik adalah sebuah tes yang barangkali pernah dirasakan oleh semua orang. Tes ini biasanya dilakukan pada penerimaan calon pegawai negeri sipil, rekrutmen karyawan perusahaan swasta, dan penerimaan mahasiswa baru. Bahkan, untuk kenaikan jabatan karier pun ada pula yang mewajibkan lolos tes potensi akademik sebagai salah satu syaratnya.

 

Di dunia internasional, tes potensi akademik setara dengan tes GRE (Graduate Record Examination). Umumnya test ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar, dan sesi tes logika.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) antonim adalah kata yang  berlawanan makna dengan kata lain. Tes antonim merupakan salah satu bagian dalam tes potensi akademik seperti halnya tes sinonim maupun padanan kata yang sudah pernah saya posting sebelumnya. Tes antonim mempunyai maksud untuk mengukur wawasan seseorang akan sesuatu hal dipandang dari segi kebenaran dan juga kebalikannya. Dalam tes ini menuntut penguasaan atas perbendaharaan kata yang baik karena dalam tes tersebut para peserta harus mencari kata yang paling bertentangan dengan kata dalam soal yang diberikan.

 

Seperti yang kita ketahui bersama, tes potensi akademik biasanya akan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan untuk penerimaan siswa/mahasiswa baru maupun perusahaan sekalipun untuk penerimaan calon pegawai, rekrutmen karyawan dan sebagainya.

 

Selain itu, tes potensi akademik juga ditujukan sebagai prosedur dalam kenaikan sebuah jabatan dalam suatu perusahaan. Apabila seseorang lolos dalam tes tersebut, maka ia akan lolos ke tahap berikutnya. Pada umumnya, tes potensi akademik ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar dan sesi tes logika.

 

Dalam pembahasan soal tes potensi akademik antonim berikut ini saya akan mencoba membahas beberapa soal yang berkaitan dengan tes antonim. Hal ini bertujuan untuk memperbanyak kosakata dan juga latihan tentang perbendaharaan kata khususnya tentang antonim. Nah, berikut beberapa bentuk contoh soal tes potensi akademik antonim. Selain itu saya juga akan melampirkan latihan soal online setelah pembahasan soal berikut ini untuk lebih melatih untuk memperbanyak kosakata sahabat semuanya. Langsung saja berikut pembahasannya.

 

 

  1. PUJIAN >< …

A. Hadiah

B. Rayuan

C. Sanjungan

D. Cacian

E. Pernyataan

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Pujian mempunyai makna “sanjungan” sehingga lawan kata yang tepat dari Pujian adalah cacian

 

  1. PAKAR >< …

A. Pelopor

B. Awam

C. Terpelajar

D. Ahli

E. Pionir

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Pakar berarti “ahli” atau “spesialis” sehingga antonim yang tepat adalah “Awam”

 

  1. KAPABEL >< …

A. Piawai

B. Rajin

C. Pandai

D. Bodoh

E. Kredibel

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Kata kapabel merupakan kata serapan yang berarti “mampu”, “cakap”, “pandai” sehingga antonim kata tersebut adalah Bodoh

 

  1. NAAS >< …

A. Untung

B. Celaka

C. Rugi

D. Baik

E. Sehat

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Kata Naas berarti tidak beruntung sehingga antonim kata tersebut adalah “Untung”

 

  1. AKTUAL >< …

A. Nyata

B. Lama

C. Baru

D. Hadir

E. Kadaluarsa

 

Jawaban : E

Pembahasan :

Kata Aktual berarti “terkini” atau “modern” sehingga antonim yang cocok adalah “Kadaluarsa”

 

  1. KONSTAN >< …

A. Bertentangan

B. Berubah- ubah

C. Stabil

D. Berbeda- beda

E. Stagnan

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Kata “Konstan” berarti tetap, tidak berubah , terus menerus sehingga lawan kata yang tepat adalah “Berubah- ubah”

 

  1. KONTINU >< …

A. Terus menerus

B. Terbagi

C. Terputus

D. Terangkat

E. Terbagi- bagi

 

Jawaban : C

Pembahasan :

Kata “Kontinu” berasal dari kata serapan bahasa asing yang berarti terus menerus, sehingga lawan kata yang tepat adalah “Terputus”

 

  1. AFEKSI >< …

A. Perasaan

B. Kasih sayang

C. Cinta

D. Kebencian

E. Pertentangan

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Kata “afeksi” bermakna perasaan kasih sayang, sehingga lawan kata yang tepat dalam pilihan diatas adalah “kebencian”.

 

  1. INVALID >< …

A. Nyata

B. Relatif

C. Tepat

D. Sah

E. Ganjil

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Kata “Invalid” bermakna tidak sah, atau lemah. Dalam konteks diatas, pilihan jawaban yang tepat adalah “sah”.

 

  1. SANGKAL >< …

A. Mengakui

B. Berkilah

C. Menolak

D. Sanggah

E. Bohong

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Kata “sangkal” bermakna sanggah atau tidak mengakui, sehingga antonim yang tepat kata “sanggah” adalah “Meengakui”

 

Mengapa Pelatihan TPA Bappenas Penting ?

 

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA OTO Bappenas ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Demikian pembahasan soal tes potensi akademik antonim. Semoga bisa memberikan manfaat bagi sahabat semua untuk melatih dan memperkaya perbendaharaan kata khususnya tentang antonim. Bila ada pertanyaan atau ada kesulitan tentang pembahasan saya diatas, silahkan hubungi saya di kotak komentar. Mohon maaf bila ada kekurangan, Terima kasih dan semoga sukses selalu.

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Soal Tes Potensi Akademik Antonim

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply