was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPAPelatihan TPA Bappenas

Soal Tes TPA Verbal Bappenas

By June 23, 2020 No Comments

Soal Tes TPA Verbal Bappenas

Soal Tes TPA Verbal Bappenas

 

Soal Tes TPA Verbal Bappenas – Tes kemampuan verbal merupakan tes yang berkaitan dengan keterampilan  bahasa / verbal seseorang. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa mulai dari tata bahasa, penguasan perbendaharaan kata, serta kecapakan seseorang dalam mengartikan, menalar, dan memahami setiap kata dalam konteks tetentu. Lebih jauh, tes kemampuan verbal ini juga ditujukan untuk menguji tingkat intelegensi seseorang. Orang yang memiliki kemampuan verbal yang memadahi, menunjukkan bahwa dia memiliki serapan informasi, wawasan, serta pengetahuan yang juga memadai. Artinya semakin baik kemampuan verbal seseorang, maka baik juga tingkat intelegensinya.

 

Penguasaan perbendaharaan kata yang banyak merupakan kunci sukses dalam menyelesaikan soal tes TPA verbal Bappenas. Oleh karena itu, memperbanyak membaca, baik buku, majalah, ensiklopedia, atau surat kabar, dapat menjadi salah satu upaya yang dapat Anda lakukan sebagai persiapan sebelum menghadapi tes ini. Anda juga dapat mencoba berlatih dengan mengisi teka-teki silang, dan sesekali bacalah bacaan-bacaan yang menggunakan teks dari bahasa asing. Sebab selain bahasa Indonesia sendiri, dalam Tes kemampuan verbal Anda juga akan menemui beberapa soal tes TPA verbal Bappenas yang menggunakan kosa kata bahasa asing.

 

Selain beberapa persiapan sebagaimana kami sebutkan diatas, selebihnya Anda juga dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin pada saat menghadapi tes verbal. Umumnya waktu yang di berikan untuk masing-masing tes sangat terbatas. Oleh karena itu apabila Anda merasa kesulitan untuk mengerjakan suatu soal, segeralah beralih ke soal berikutnya. Jangan membuang waktu Anda untuk berkutat pada satu soal saja. Anda dapat mengecek kembali soal-soal yang terlewat itu setelah selesai mengerjakan soal hingga akhir dan dirasa masih ada sisa waktu yang cukup.

 

 

 

Tes Sinonim (Persamaan Makna Kata)

Sinonim dapat diartikan sebagai bentuk bahasa yang memiliki makna yang mirip atau sama dengan bentuk lainnya. Atau dengan kata lain, sinonim merupakan persamaan pengertian dari dua kata atau lebih. Dengan demikian tes sinonim merupakan tes yang betujuan untuk menguji pemahaman atau kemampuan seseorang dalam mencari persamaan makna dari kata-kata yang disebutkan dalam soal.

 

Lebih jauh tes ini dimaksukan untuk mengukur sejauh mana wawasan seseorang, serta untuk mengetahui tingkat kewaspadaan dan kecermatan seseorang terhadap suatu permasalahan dengan tipe yang mirip / sama. Dengan demikian, akan dapat dilihat bagaimana keefektifan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang sama atau mirip dengan permasalahan yang pernah dihadapi sebelumnya. Dalam perusahaan, keefektifan seseorang dalam menyelesaikan masalah ini sangat diperlukan agar tidak mengganggu kinerja para karyawan, yang akibatnya akan merugikan perusahaan.

 

 

Tips Mengerjakan Tes Sinonim

Ada beberapa tips dan trik yang dapat diperhatikan dalam mengerjakan tes sinonim, Anda bisa mencobanya berikut ini.

  1. Jangan terkecoh dengan kata-kata yang memiliki bunyi atau tulisan yang hampir sama dengan kata soal. Sebab kemungkinan itu merupakan sebuah jebakan. Ingat sinonim merupakan persamaan makna dari dua kata atau lebih, bukan persamaan bunyi. Jadi kuncinya adalah pahami makna yang sebenarnya dari setiap kata, kemudian pilih kata yang memiliki pengertian yang sama dengan kata soal
  2. Apabila terdapat kata yang sudah familiar dalam kalimat sehari-hari tetapi Anda tidak yakin dengan artinya, coba masukkan kata-kata tersebut kedalam konteks kalimat. Kemudian perkirakan artinya.
  3. Apabila menemukan kata yang merupakan serapan dari bahasa asing, kembalikan kedalam bahasa aslinya kemudian artikan.
  4. Focus dan konsentrasi penuh dalam pengerjaan soal-soal tes yang diberikan.

Setelah membaca gambaran umum, pengetian dan tips dan trik Tes Kemampuan Verbal khususnya Tes Sinonim, untuk  memperjelas uraian tersebut kami sudah mempersiapkan sedikit contoh soal sinonim, lebih jelasnya simak dibawah ini:

 

 

Soal Tes TPA Verbal Bappenas Sinonim

 

  1. SWAKARYA = ….

A.Swakarsa

B.Swadaya

C.Hasil Karya Sendiri

D.Dengan Kekuatan Sendiri

E.Swasembada

 

Jawaban:

Lihat pilihan jawaban A (swakarsa), B (swadaya), dan E (swasembada). Ketiganya diawali oleh bentuk terikat swa-, sama seperti kata soal. Namun demikian, tidak ada dari ketiga pilihan jawaban tersebut yang memiliki makna sama dengan kata soal. Swakarsa berarti keinginan yang timbul dari dalam diri sendiri tanpa ada pengaruh dari pihak luar. Swadaya berarti dengan kekuatan sendiri, Swasembada berarti usaha untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, adapun swakarya berarti hasil kerja sendiri. Jadi sinonim yang tepat dari kata swakarsa adalah HASIL KERJA SENDIRI.

 

  1. VIBRASI = ….

A.Abrasi

B.Getaran

C.Fluktuasi

D.Dinamika

E.Vibrator

 

Jawaban:

Pada pilihan jawaban A dan B, yaitu abrasi dan fluktuasi, keduanya mempunyai akhiran yang sama dengan kata soal. Sekali lagi, jangan sampai terkecoh dengan kata yang memiliki bunyi yang sama, sebab belum tentu maknanya sama. Abrasi memiliki arti pengikisan batuan oleh air, sedangkan fluktuasi berarti gejala yang menunjukkan naik turunnya harga. Adapun pada pilihan jawaban E, yaitu vibrator, memiliki kata dasar “vibra” sebagiama kata dalam soal. Akhiran “or” umumnya digunakan untuk menunjukkan pelaku. Vibrator berarti alat yang dapat menimbulkan getaran, sedangkan vibrasi adalah getaran. Jadi sinonim dari kata vibrasi yang tepat adalah GETARAN.

 

  1. LINDU = ….

A.Rindu

B.Sendu

C.Kangen

D.Pilu

E.Gempa Bumi

 

Jawaban:

Lihat pilihan jawaban A (rindu) dan B (sendu), keduanya sama-sama diakhiri oleh suku kata “du” sebagaimana kata dalam soal. Namun, rindu dan sendu bukan merupakan sinonim dari kata lindu, sebab memiliki makna yang berbeda. Sedangkan pilihan jawaban C (kangen) dan D (pilu) justru sinonim dari kata rindu dan sendu. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa sinonim dari kata lindu adalah GEMPA BUMI.

 

  1. KOLERASI = ….

A.Identifikasi

B.Gambaran

C.Sublimasi

D.Harapan

E.Hubungan

 

Jawaban:

Anda pembaca kami harus mengetahui makna dari kata korelasi yang sebenarnya. Jangan sampai terkecoh dengan pilihan jawaban A (indentifikasi) yang memiliki bunyi yang mirip dengan kata soal. Korelasi merupakan kata serapan dari bahasa inggris corrrelation, yang berarti hubungan. Jadi sinonim dari korelasi yang tepa adalah HUBUNGAN.

 

  1. GESIT = ….

A.Lincah

B.Malas

C.Sombong

D.Ramah

E.Gembira

 

Jawaban:

Untuk dapat menjawab soal diatas, Anda harus pahami makna kata gesit yang sebenarnya. Untuk lebih memudahkan Anda memperkirakan maknanya, Anda dapat memasukan kata gesit dalam sebuah konteks kalimat. Seperti misalnya: Dia cukup gesit menghindari serangan lawan. Gesit memiliki arti lincah, giat, cekatan. Jadi, sinonim kata gesit yang tepat adalah LINCAH.

  1. MUKADIMAH = ….

A.Prapendapat

B.Keterangan

C.Salam

D.Bagian

E.Pendahuluan

 

Jawaban:

Mukadimah berasal dari bahasa Arab. muqoddimah, yang berarti kalimat-kalimat pembuka, prakata, pendahuluan. Dari seluruh pilihan jawaban A, B, C, dan D, tidak ada kata yang memiliki makna yang sama dengan kata ‘mukadimah’. Jadi sinonim yang sesuai dengan kata mukadimah adalah PENDAHULUAN.

 

  1. BENCANA = ….

A.Bantuan

B.Lawan

C.Bala

D.Rapat Sekali

E.Kawan

 

Jawaban:

Bencana dapat diartikan sebagai melapetaka, kemalangan, musibah, kesusahan, dan segala sesuatu yang dapat menimbulkan kesusahan. Hati-hati dengan pilihan jawaban A (bantuan). Sebab, umumnya kata bencana identik dengan bantuan. Namun, dalam hal ini yang dicari adalah sinonim dari kata bencana. Dengan demikian, bantuan bukan merupakan jawaban yang tepat. Sinonim yang sesuai untuk kata bencana adalah BALA.

 

  1. ADIKSI = ….

A.Reaksi

B.Ketagihan

C.Kebingungan

D.Fiksi

E.Afiksasi

 

Jawaban:

Untuk dapat menjawab soal ini, Anda harus mengetahui makna dari kata adiksi. Jangan sampai terkecoh dengan piihan jawaban A (reaksi), D (fiksi), dan E (afiksasi). Ketiganya memiliki bunyi yang mirip dengan kata soal. Namun, sebagaimana yang telah dikemukakan dalam uraian diatas, dalam tes ini yang dicari adalah sinonim. Sinonim merupakan kata yang memiliki persamaan makna, bukan bunyi. Adiksi sendiri berasal dari serapan kata dalam bahasa inggris addcition yang berarti kecanduan, ketagihan, ketergantungan. Dengan demikian, sinonim yang tepat untuk kata adiksi adalah KETAGIHAN.

 

  1. TANGSI = ….

A.Sanksi

B.Tangkis

C.Tangkas

D.Barak

E.Logistik

 

Jawaban:

Hampir sama dengan soal nomor 3, untuk dapat menjawab soal ini Anda pembaca harus mengetahui makna yang sebenarnya dari kata tangsi. Jangan sampai terkecoh dengan pilihan jawaban A (sanksi), B (tangkis), dan C (tangkas), yang memiliki bunyi hampir sama. Itu adalah jebakan. Tangsi sendiri memiliki arti asrama. Dengan demikian, sinonim yang tepat dari kata tangsi adalah BARAK.

 

  1. OPINI = ….

A.Pengetahuan

B.Pendapatan

C.Pendapat

D.Jabatan

E.Jaminan

 

Jawaban:

Opini merupakan kata serapan dari bahasa inggris opinion yang berarti pendapat. Dengann demikian, sinonim yang tepat untuk kata opini adalah PENDAPAT.

 

Itulah pengertian dari tes kemapuan verbal dan salah satu soal tes TPA verbal Bappenas sinonim (persamaan kata), semoga sedikit banyak dapat memberi gambaran kepada Anda pembaca. Nah kedepannya kami akan memberikan contoh tes kemampuan verbal untuk Antonim (lawan kata).

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

Soal Tes TPA Verbal Bappenas

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

Chat Now
1
Mau soal TPA secara Gratis ? Klik disini
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by