was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA Bappenas

Tes TPA Online Bappenas Free

By January 21, 2019 No Comments

Tes TPA Online Bappenas Free

Tes TPA Online Bappenas Free

 

Tes TPA Online Bappenas FreeTes Potensi Akademik yang dilakukan di Indonesia ini juga identik dengan tes GRE dan GMAT yang menjadi standar internasional. Saat ini, Tes Potensi Akademik merupakan salah satu tes standar menerimaan di perguruan tinggi untuk jenjang S2 dan S3. Bahkan sekarang SMPTN pun pakai Tes TPA serta salah satu tes yang diujikan dalam rekrutmen penerimaan tenaga kerja baru.

 

Selain itu, tes potensi akademi (TPA) juga digunakan sebagai tes standar penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS), maupun pegawai swasta. Bahkan kenaikan pangkat setingkat manajer atau team leader juga seringkali mempersyaratkan tes TPA dengan skor minimum tertentu.

 

Tes TPA Online Bappenas Free merupakan salah satu cara latihan yang bisa dilakukan sebelum mengikuti tes potensi akademik yang sesungguhnya. Selain melalui aplikasi tes potensi akademik online, bisa juga melakukan persiapan dengan membeli buku tes potensi akademik di toko buku, melatih hapalan kosakata yang luas dengan sering-sering membaca koran dan rumus cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan matematika karena memang untuk menjawab tes potensi akademik membutuhkan kecepatan dan ketepatan yang baik.

 

Tes TPA Online Bappenas Free

 

Tes TPA online menawarkan solusi yang tepat untuk melakukan latihan tes potensi akademik tanpa dipungut biaya sedikitpun. Aplikasi tes potensi akademik online ini 100% Gratis dan sangat bisa diandalkan untuk berlatih menjawab soal-soal tes potensi akademik secara online. Tanpa melakukan Registrasi atau Pendaftaran, tanpa memerlukan Login, kita bisa berlatih dengan memilih soal yang kita inginkan.

 

 

CONTOH SOAL TES TPA ONLINE

 

Tes TPA Online

Tes Verbal

 

Untuk soal No.1-5 carilah padanan hubungannya

 

  1. KECIL : BESAR

A.Sepatu : Sandal

B.Langit : Bumi

C.Menikah : Membujang

D.Putih : Gelap

E.Buku : Bodoh

 

  1. KUE : GANDUM

A.Perumahan : Developer

B.Rokok : Tembakau

C.Kerajinan : Perajin

D.Laptop : Teknologi

E.TV : Remote

 

  1. TULIP : BUNGA = ANDESIT :

A.Permata

B.Batu

C.Logam mulia

D.Perhiasan

E.Bahan kimia

 

  1. KEDELAI : TEMPE = EMAS :

A.Perak

B.Logam mulia

C.Benda berharga

D.Kalung emas

E.Mahal

 

  1. BODOH : PANDIR = PINTAR :

A.Jenius

B.Tulalit

C.Rajin

D.Cekatan

E.Tangkas

 

Untuk soal No.6-10 carilah persamaan kata atau sinonimnya.

 

  1. KOMPLEKS

A.Perumahan

B.Sistem

C.Murni

D.Rumit

E.Sederhana

 

  1. DUNGU

A.Lamban

B.Lambat

C.Cerdas

D.Pintar

E.Bodoh

 

  1. MUTAKHIR

A.Terlama

B.Canggih

C.Teknologi

D.Terbaru

E.Tinggi

 

  1. DHOLIM

A.Adil

B.Aniaya

C.Jujur

D.Dosa

E.Syirik

 

  1. GEMBIRA

A.Perasaan

B.Cita

C.Suka

D.Suka cita

E.Duka cita

 

Untuk No.11-15 carilah kata yang berlawanan arti (antonim)

 

  1. LAIK

A.Sepatutnya

B.Pantas

C.Tak patut

D.Layak

E.Tak Cocok

 

  1. BERANGASAN

A.Lentur

B.Lunak

C.Kasar

D.Santun

E.Sangar

 

  1. TERTIB

A.Rapi

B.Teratur

C.Kacau

D.Acak

E.Random

 

  1. PROFESIONAL

A.Pendahulu

B.Amatir

C.Sesukanya

D.Tidak serius

E.Asal-asalan

 

  1. TEMPERAMENTAL

A.Kasih sayang

B.Cinta

C.Perasaan

D.Kejahatan

E.Penyabar

 

Skor tes potensi akademik/TPA masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA/TKU yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan oleh OTO Bappenas yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di dalam negeri. Skor tersebut antara 200 s/d 800 dimana yang paling rendah adalah 200 dan paling tertinggi (apabila jawaban benar semua) adalah 800. Seseorang dinilai mempunyai kemampuan rata-rata bila mampu mencapai skor 500 (mean). Skor tes potensi akademik yang diterbitkan OTO Bappenas berlaku hingga 2 th (dua tahun) sejak tanggal tes, dan tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes TPA kembali. Materi soal tes potensi akademik terdiri dari 3 subtest yang masing-masing subtest memiliki nilai antara 20 sampai dengan 80, sehingga nilai/skor total didapat dari penjumlahan skor ketiga subtest tersebut dibagi 3 dan dikalikan 10.

 

Untuk mempermudah Anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat.

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

 

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Apa Saja Manfaat  Pelatihan TPA ?

 

Konsultan sukses-tpa berpengalaman menyelenggarakan Pelatihan TPA maupun Private TPA. Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Namun setelah mengikuti pelatihan di konsultan Sukses TPA hasilnya sebagian besar peserta TPA meningkat tajam. Ini dikarenakan mereka telah belajar soal-soal TPA dan bagaimana cara mengerjakan dengan cepat.

 

Pada umumnya nilai TPA pasca pelatihan yang  diperoleh karyawan/ peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang  tinggi  bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah.

 

Pelatihan TPA akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah. Jika belum mengenal tipe dan bentuk soal TPA langsung mengikuti Tes Potensi Akademik, dipastikan hasilnya akan kurang memuaskan. Bisa jadi ketika mengerjakan akan tertegun, gagap, bingung dan lainnya karena waktu yang diberikan begitu cepat. Dengan mengikuti Pelatihan TPA, akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan  dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain  perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi tes TPA.

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Tes TPA Online Bappenas Free

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply