Tes TPA STAN

Tes TPA STAN

Tes TPA STAN

TPA adalah tes psikologi yang bisa mengungkapkan apa yang sudah dicapai oleh seseorang secara intelektual. Sebab mengungkap kualitas intelektual, tinggi atau rendahnya nilai dari TPA sering dihubungkan dengan tingkat kecerdasan orang tersebut. TPA sebenarnya adalah versi Indonesia dari tes Graduate Record Examination. Dikarenakan berhubungan dengan kecerdasan dari seseorang, maka tes ini sering dijumpai saat tes perguruan tinggi dan tes penyaringan CPNS.

 

 

TPA (Tes Potensi Akademik)

Karena nanti lulusan STAN akan jadi PNS, tentu TPA ini harus diadakan. Karena secara tak langsung adalah USM STAN seolah-olah jadi tes CPNS. Komposisi TPA di dalam tes TPA STAN yaitu 120 soal yang terdiri atas 4 jenis soal: tes verbal, tes numerik, tes logika, serta tes gambar.

 

  1. Tes verbal berfungsi mengukur kemampuan Anda di bidang kata serta bahasa. Biasanya tes yang ada dalam tes verbal adalah persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), tes padanan hubungan kata, serta tes pengelompokan kata.

 

  1. Tes angka untuk mengukur kemampuan Anda di bidang angka, untuk berfikir terstruktur, juga logis matematis. Tes angka meliputi: tes aritmetika, tes seri angka, tes logika angka, es seri huruf, dan tes angka yang terdapat dalam cerita. Belajar bersama kami, Anda akan diajari sampai benar-benar memahami tes angka ini.

 

  1. Tes logika bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam penalaran serta pemecahan permasalahan secara logis ataupun masuk akal. Tes logika meliputi: tes logika umum, tes analisis pernyataan dan kesimpulan, tes logika cerita, dan yang terakhir tes logika diagram.

 

  1. Tes gambar tujuannya adalah mengukur daya logika ruang Anda. Tes gambar meliputi: tes padanan hubungan gambar, tes pengelompokan gambar, tes seri gambar, tes bayangan gambar, dan juga identifikasi gambar

 

Dari 120 soal, Anda harus menyelesaikan semua soalnya dalam waktu yang cukup singkat yakni 90 menit. Ini artinya adalah setiap soal harus Anda kerjakan kurang dari 60 detik atau satu menit. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda mulai berlatih memahami dan mengerjakan tes TPA STAN sedini mungkin supaya nantinya dapat berpacu dengan waktu ketika mengerjakan soal USM yang sesungguhnya.

 

 

TBI (Tes Bahasa Inggris)

TBI bertujuan mengukur kemampuan Anda dalam Bahasa Inggris. Model soal TBI serupa dengan tes TOEFL tetapi tidak sepenuhnya sama persis dengan TOEFL. Jumlah soal dari TBI jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah soal TPA. Soal TBI hanya 60 butir saja. Sedangkan waktu pengerjaanya 60 menit. Artinya adalah Anda harus menjawab tiap soalnya dalam satu menit. Mungkin terdengar agak lebih ringan dari TPA karena waktu pengerjaanya yang kurang dari semenit. Namun perlu diingat jika dalam TBI Anda akan menghadapi tes reading, Anda harus membaca secara teliti beberapa artikel yang telah disajikan.

 

Soal-soal TBI yang akan diujikan nantinya terdiri atas 3 jenis, yaitu:

 

  • Structure merupakan jenis soal yang akan menguji kemampuan Anda tentang tenses dan hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan penyusunan struktur kalimat.
  • Error recognition adalah sebuah tes kecermatan. Anda harus menentukan dimanakah letak kesalahan suatu kalimat. Bisa saja disebabkan karena verbyang tidak cocok atau karena kesalahan dari struktur kalimatnya.
  • Cloze question.

 

STAN tak sama seperti perguruan tinggi kedinasan yang lainnya yang memberikan ujian kemampuan teknis. USM STAN menguji beberapa kemampuan dasar peserta seperti tes CPNS. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa USM STAN tak membatasi pesertanya yang dari jurusan SMK akuntansi atau IPS. Dari jurusan IPA atau SMK Teknik pun dapat mengikuti USM STAN.

 

 

Ilmu akuntansi nanti akan diajarkan mulai dari awal lagi saat Anda sudah jadi mahasiswa di STAN. Dengan keberhasilan Anda menjawab soal TPA, seolah-olah jadi sebuah jaminan jika nantinya mampu mengikuti pembelajaran akuntansi walaupun Anda tak mempunyai basic dalam bidang akuntansi sebelumnya. Jadi, selain mengukur tingkat dari kecerdasan, TPA juga menjadi standar Anda dapat mengikuti pelajaran-pelajaran lain yang diberikan nantinya ataukah tidak. Oleh karena itu, jangan terlalu mengkhawatirkan mengenai ilmu akuntansi, pastikan dahulu Anda siap menghadapi soal-soal USM STAN nantinya.

 

Tips Mengerjakan Tes TPA STAN

 

  1. Rutin berlatih

Seperti halnya tes bidang studi prediktif (TBSP), kamu juga bisa berlatih soal-soal TPA sesering dan sebanyak mungkin. Latihan akan membuatmu akrab dengan berbagai jenis dan model soal. Kemampuan analisamu juga akan meningkat melalui berbagai latihan tersebut. 

Usahakan kamu mengikuti batasan waktu yang ditetapkan dalma setiap jenis tes. Hal ini penting agar kamu terbiasa bekerja dengan cepat. Disiplin dalam mengerjakan soal sesuai ketentuan waktu juga akan melatihmu mengelola waktu ujian yang kamu miliki.

 

  1. Tak perlu menghafal rumus

Tes angka dalam tes TPA STAN tidak sulit. Ia biasanya menyajikan soal yang bisa dikerjakan tanpa menggunakan rumus matematika tertentu yang rumit. Menghafal berbagai rumus justru akan membuatmu stres. Yang perlu kamu persiapkan adalah berlatih berfikir logis dan terstruktur. Caranya, berlatihlah mengerjakan soal-soal TPA sebanyak dan sesering mungkin. Dengan begitu, kamu akan terbiasa mengerjakan soal-soal dalam tes angka dengan ceoat dan benar.

 

  1. Konsentrasi Penuh

Mengerjakan soal-soal TPA perlu konsentrasi penuh. Tapi, kamu juga perlu tetap rileks. Tak usah tegang. Hal itu hanya akan menguras energi otakmu lebih cepat. Kepanikan juga akan membuatmu ceroboh dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Jadi, rileks dan konsentrasi saja, ya!

 

  1. Tak usah terlalu penasaran

Soal yang membuat penasaran memang menantang untuk dapat diselesaikan, terutama pada jenis soal numerik. Namun, rasa penasaran itu bisa membuat waktumu terkuras hanya untuk mengerjakan satu soal tertentu.

Tak hanya itu, dengan memusatkan perhatian hanya pada soal yang membuatmu penasaran, energimu juga akan berkurang secara sognifikan. Belum lagi emosimu meningkat jika ternyata kamu tetap gagal menjawab soal itu, dan bahkan tak bisa menyelesaikan soal-soal lain.

Tiap soal TPA dirancang dengan bobot nilai yang sama. Kamu tak perlu memperturutkan rasa penasaran untuk menjawab soal yang menantang tersebut.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan TPA Bappenas dan UI

KLIK WhatsApp Sekarang

 

Tes TPA STAN

This entry was posted in Pelatihan TPA Bappenas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *