was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA Bappenas

Tips Lulus TPA Bappenas S2 ITB

By March 26, 2020 No Comments

Tips Lulus TPA Bappenas S2 ITB

 

Tips Lulus TPA Bappenas S2 ITB

 

Tips Lulus TPA Bappenas S2 ITB – Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan nonakademik. ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN).

 

Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

 

Setiap tahun program pascasarjana ITB membuka dua kali pendaftaran, info lengkapnya bisa dibaca di http://www.sps.itb.ac.id/ind/pendaftaran/persyaratan-magister/.

 

Tips Lulus TPA Bappenas S2 ITB

Secara garis besar ada empat tahap yang harus dilalui untuk masuk pascasarjana ITB. Tahap pertama adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini ada dokumen-dokumen yang harus diisi dan dilengkapi, seperti transkrip nilai dan ijazah S1 yang sudah dilegalisir, pasfoto, dan surat pernyataan belum pernah mengundurkan diri atau Drop Out dari ITB. Kemudian masih ada lagi surat keterangan sehat dari dokter, surat rekomendasi dan beberapa lembar formulir yang harus diisi.

 

Untuk yang sudah bekerja, surat rekomendasi ini bisa diperoleh dari atasan, sementara untuk yang belum bekerja, surat rekomendasi ini bisa diperoleh dari dosen pembimbing di kampus terdahulu.

 

 

Sementara formulir isian, berisi data-data pribadi yang harus diisi, dari mulai riwayat akademik, karya tulis yang pernah dibuat, organisasi yang pernah diikuti, dan penghargaan yang pernah diraih. Ada juga satu lembar halaman tersendiri yang berisi harapan dan cita-cita setelah mengikuti program pascasarjana ITB.

 

Dokumen yang sudah lengkap diisi bisa dikirim lewat pos atau bisa juga diantar ke Gedung Annex langsung. Untuk yang belum tes TOEFL dan TPA, harap disertakan juga kwitansi pembayaran sebagai bukti untuk mengikuti kedua tes tersebut.

 

Tes tahap selanjutnya adalah tes TOEFL. Syarat minimal untuk lulus ada di angka 475. Pendaftaran tes TOEFL ini biasanya berlokasi di UPT Pusat Bahasa ITB, gedungnya ada di sebelah gedung Farmasi. Tesnya juga biasanya diadakan di dekat-dekat situ, biasanya turun satu lantai ke basement. Tes TOEFL yang diselenggarakan sebenarnya adalah tes ELPT (English Language Proficiency Test). Terdiri dari tiga bagian tes yaitu listening, structure dan reading. Hasil tes TOEFL berlaku selama dua tahun.

 

Setelah mengikuti tes TOEFL ini, tes selanjutnya adalah Tes Potensi Akademik, meski diselenggarakan oleh Bappenas Jakarta, jangan khawatir karena tesnya dilakukan di ITB. Biasanya TPA ini diselenggarakan di GKU Timur.

 

Jika Tes TOEFL bisa selesai dalam waktu kurang lebih dua jam, maka tes TPA ini memakan waktu yang lebih lama. Jangan lupa sarapan dulu sebelum tes dan bawa bekal air minum. Alat tulis juga sebaiknya dipersiapkan dengan baik, bawalah pensil cadangan karena jika patah, sayang sekali waktu tes akan terbuang percuma untuk menyerut pensil.

 

Kisi-kisi ini membantu meminimalisir apa saja mata kuliah jaman sarjana dulu yang harus dipelajari lagi. Tes materi ini biasanya diselenggarakan pada hari yang sama dengan tes wawancara, jadi jangan dulu pulang setelah tes. Pertanyaan ketika wawancara ini biasanya sederhana tapi menjebak, seperti apa motivasi masuk ITB, motivasi masuk jurusan yang dipilih, pengalaman kerja, keterkaitan jurusan yang diambil dengan pekerjaan, apa yang diketahui tentang jurusan yang diambil, apa yang akan dilakukan setelah lulus, dan lainnya yang berkaitan. Yang mewawancarai biasanya adalah dosen dari jurusan yang diambil jadi besar kemungkinan jika lulus dan kemudian mengikuti perkuliahan kita akan bertemu kembali dengan dosen yang mewawancarai kita ketika masuk.

 

Nah setelah keempat tahap tersebut dilalui, hal terakhir yang harus dilakukan adalah menunggu pengumuman hasil test. Seluruh pengumuman dari mulai hasil tes TOEFL, TPA dan pengumuman akhir berupa lulus tidaknya masuk pascasarjana ITB diumumkan di website. Jenis lulus ini pun ada bermacam-macam, lulus memang beneran lulus dan lulus bersyarat. Jadi jika namanya tidak tercantum di daftar lulus jangan dulu berkecil hati, siapa tahu namanya ada di daftar lulus bersyarat, biasanya daftar lulus bersyarat ini karena hasil tes TOEFL atau TPA-nya belum disetor ke Annex. Untuk hasil TPA, pihak Bappenas selain mengirim hasilnya kepada peserta juga mengirim salinannya langsung ke ITB, sementara hasil tes TOEFL harus diambil sendiri ke UPT Bahasa dan diberikan ke Annex.

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum tes potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

Tips Lulus TPA Bappenas S2 ITB

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply