was successfully added to your cart.
Pelatihan TPA Bappenas

Tips Menguasai Soal TPA

By October 9, 2018 No Comments

Tips Menguasai Soal TPA

Tips Menguasai Soal TPA

Setiap tahun, lebih dari 700.000 orang mengambil Graduate Record Examination, umumnya dikenal sebagai GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA). GRE di Indonesia dikenal sebagai TPA. Sementara tes serupa dibutuhkan sebagai persyaratan masuk perguruan tinggi, melamar pekerjaan, SAT, dan lain sebagainya.

 

Berbeda dengan SAT, GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) ini paling sering diuji untuk kebutuhan-kebutuhan penting. GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) dipecah menjadi tiga komponen utama: penalaran verbal, penalaran kuantitatif, dan penalaran logika. Untuk bagian penalaran verbal, peserta tes mendapat waktu 40 menit di awal mengerjakan, kemudian lanjut ke bagian penalaran kuantitatif dengan durasi waktu 40 menit kedua dan mengerjakan bagian penalaran logika dengan waktu 40 menit.

Baik skor SAT dan IPK perguruan tinggi yang bagus tidak menjamin bisa menangani GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) akan menjadi tugas yang sederhana. Gunakan tips menguasai soal TPA di bawah ini untuk membantu Anda sukses menyelesaikan soal TPA :

 

  1. Mengingat Pelajaran Semasa Sekolah

 

Seringkali mengalami kesulitan membedakan X Anda dari Y Anda? Apakah terlalu larut malam di masa sekolah karena mengingat pelajaran penting Pythagoras? Anda tidak sendirian. Banyak peserta tes GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang bertahun-tahun dihapus dari prinsip-prinsip dasar matematika SMA, yang memainkan peran penting dalam bagian kuantitatif tes. Jika Anda lupa, penting untuk mempelajari kembali konsep aljabar dan geometri yang Anda pelajari di sekolah.

 

“Aljabar dan geometri diasumsikan latar belakang pengetahuan dalam kursus perguruan tinggi, dan Anda akan sulit ditekan untuk menemukan kelas untuk mengambil pada tingkat itu yang akan mempersiapkan Anda langsung untuk pertanyaan jenis ini,” kata Eric Reiman, tutor GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) dengan Tutor kreatif. “Jika Anda sedang mempersiapkan untuk GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) saja, teks seperti Aljabar for Dummies atau Geometri for Dummies bisa sangat membantu, dan keduanya datang dengan contoh soal untuk bekerja.”

 

 

  1. Mempelajari Kosakata

 

Sementara bagian kuantitatif GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) adalah tidak berbeda dari matematika yang ditemukan di SAT-dan keakraban dengan konsep belajar di sekolah tinggi harus cukup untuk mengirim skor-bagian verbal layak pergi ke perguruan tinggi dan lulus dengan pujian dalam bahasa Inggris. Pengambil tes yang tidur melalui kelas bahasa Inggris atau beralih ke SparkNotes mungkin berada dalam kesulitan.

 

Semasa Anda di sekolah, pastikan untuk membaca sebanyak mungkin untuk memperluas kosakata Anda sehingga Anda dapat menguraikan kata-kata asing, dan kata-kata pengganti menurut para ahli. Anda dapat mengasimilasi jauh lebih beragam kosakata selama empat tahun kuliah daripada yang pernah Anda bisa berharap untuk dengan menjejalkan selama beberapa minggu atau bulan sebelum GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA).

 

“Sebagai penerus SAT, GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) menggunakan kata-kata orang dewasa yang tidak ditemukan pada SAT,” kata Reiman. “Hal ini sangat penting untuk keberhasilan pada bagian kualitatif GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) untuk dibaca dengan baik.”

 

 

  1. Ikuti Pelatihan Tes Potensi Akademik

 

Menurut Andrew Mitchell, direktur program pra-bisnis di Kaplan Uji Prep, GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) dirancang khusus untuk berbeda dari bidang studi di perguruan tinggi dan seharusnya menjadi mengukur keterampilan berpikir kritis yang lulusan perguruan tinggi ‘, belum tentu apa yang mereka pelajari di sekolah.

 

Tidak peduli berapa banyak menjejalkan Anda mungkin sudah melakukan kuliah atau bagaimana bintang nilai Anda yang, berpikir kritis tidak mungkin datang secara alami. Kelas bimbingan cenderung untuk melunasi, tetapi investasi yang cukup besar. Kelas instruktur yang dipimpin Kaplan biaya lebih dari $ 1.000 untuk sekitar delapan sesi di tempat. Dua puluh lima jam swasta tutoring GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA) dengan Kaplan dapat biaya sekitar $ 3.000.

 

“Ini perlu investasi waktu dan uang dalam mempersiapkan GRE atau Tes Potensi Akademik (TPA),” kata Mitchell. “Berpikir kritis adalah sesuatu yang sulit untuk berubah dalam semalam karena itu keterampilan seumur hidup seperti itu. Kami mencoba untuk membantu orang membuka keterampilan berpikir kritis mereka dengan mendapatkan lebih akrab dengan tes dan lebih akrab dengan metode yang telah terbukti.”

 

 

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

 

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Materi Pelatihan & Instruktur

 

Verbal (padanan kata, lawan kata, analogi verbal);  Kuantitatif (hitungan, deret bilangan, komparasi kuantitatif); Penalaran (logika formal, analitis, keruangan, penalaran logis) serta ditambah dengan teknik mengerjakan TPA dengan metode berpikir strategis. Instruktur berpengalaman & berlatar  belakang pendidikan yang relevan dengan materi pelatihan.

 

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

 

 

Tips Menguasai Soal TPA

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

1
×
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?