was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA

Ujian Simak UI Pascasarjana

By May 7, 2020 No Comments

Ujian Simak UI Pascasarjana

 

Ujian Simak UI Pascasarjana

 

Ujian Simak UI Pascasarjana – UI atau Universitas Indonesia adalah salah satu Universitas Negerti terbaik di Indonesia. Kampus Universitas Indonesia (UI) terletak di Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia. Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

 

Universitas Indonesia (UI) tidak melakukan penundaan pelaksanaan Ujian Simak UI Pascasarjana untuk program S2, S3, Profesi dan Spesialis yang akan diikuti oleh sekitar 5.000 peserta. Ujian Simak UI Pascasarjana akan dilaksanakan sesuai jadwal yang tersedia. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Rosari Saleh di Kampus UI Depok, mengatakan pihaknya telah dilakukan serangkaian proses pembersihan meja dan komputer menggunakan cairan disinfektan.

 

Tidak hanya itu, disediakan juga alat pembersih tangan di depan ruang ujian beserta kertas tisu, sedangkan sabun cuci tangan juga telah disiapkan di toilet beserta tisu. “Gagang pintu, hand rail tangga serta tombol lift juga dibersihkan dengan cairan disinfektan. Total ruangan yang digunakan untuk ujian SIMAK ini ialah 130 ruangan tes tulis dan 24 ruangan tes via komputer,” ucap Wakil Rektor UI, Rosari Saleh.

 

Terkait dengan Surat Edaran Rektor UI tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Infeksi COVID-19 di Lingkungan Universitas Indonesia, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI telah menyiapkan serangkaian upaya perlindungan dan kenyamanan proses tes SIMAK.

 

 

 

“Tim PMB UI telah menyiapkan 32 petugas (mahasiswa) untuk melakukan termo scanner ke seluruh peserta ujian. Lokasi Ujian Simak UI Pascasarjana akan dilangsungkan di 16 gedung yang tersebar di tujuh fakultas. Setiap gedung akan dilengkapi oleh dua orang petugas termo scanner, dan satu orang petugas keamanan serta satu orang petugas Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L). Bagi peserta SIMAK yang memasuki ruang ujian, dan kedapatan di termo scanner menunjukkan temperatur di atas 37,7 derajat, maka peserta tersebut tidak diizinkan masuk ke ruang ujian” katanya.

 

Bagi peserta yang kedapatan sakit atau memiliki suhu badan di atas 37,7 derajat celcius akan diarahkan oleh petugas PMB ke sekretariat PJL (penanggung jawab lokasi) untuk pulang, atau menuju ke unit kesehatan. Peserta yang tidak lolos tersebut tetap akan diberikan kesempatan mengikuti SIMAK gelombang berikutnya, dengan keringanan tidak perlu membayar uang pendaftaran kembali.

 

“Untuk peserta yang telah lolos screening, mereka dipersilahkan menuju ruang ujian lalu diwajibkan menggunakan pembersih tangan yang telah disediakan oleh panitia di depan ruang ujian,” kata Rosari Saleh, Guru Besar Fakultas MIPA.

 

 

Prosedur Pendaftaran Ujian Simak UI Pascasarjana

  1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI.
  2. Setelah login, peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran min.400×600 pixel.
  3. Selanjutnya pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran.
  4. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan
  5. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui:

             >  ATM / Teller Bank BNI

             >  ATM atau Internet Banking Bank Permata

             >  ATM, Self service terminal, dan teller Bank CIMB Niaga

             >  ATM Bank Bukopin

             >  Teller Bank BTN

             >  ATM / Teller / Internet Bangking Bank Mandiri

*Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran.

*Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

  1. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  2. Mengikuti ujian saringan yang diadakan oleh Universitas Indonesia sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  3. Mengikuti ujian kekhususan yang diadakan oleh program studi yang dipilih peserta (jika program studi tersebut mensyaratkan ujian kekhususan). Untuk jadwal ujian kekhususan dapat dilihat pada menu sebelah kiri.
  4. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.

 

 

Biaya Pendaftaran Ujian Simak UI Pascasarjana

Biaya pendaftaran untuk Program Magister dan Profesi adalah sebesar Rp1.000.000

  • Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran.
  • Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun
  • Biaya pendaftaran dibayarkan melalui mekanisme host-to-host UI seperti dijelaskan pada panduan cara pembayaran.

 

 

Waktu dan Materi Ujian

  •     07:00 – 07:30 WIB = Pengisian Data
  •     07:30 – 09:30 WIB = Pengukuran Kemampuan Akademik (120 menit)
  •     09:30 – 10:15 WIB = Istirahat (45 menit)
  •     10:15 – 10:30 WIB = Pengisian Data
  •     10:30 – 12:00 WIB = Bahasa Inggris (90 menit)

*waktu bisa berubah, cek kembali di laman resmi UI

 

 

Materi Pelatihan & Instruktur

Verbal (padanan kata, lawan kata, analogi verbal);  Kuantitatif (hitungan, deret bilangan, komparasi kuantitatif); Penalaran (logika formal, analitis, keruangan, penalaran logis) serta ditambah dengan teknik mengerjakan TPA dengan metode berpikir strategis. Baik materi ataupun model TPA selalu di update/direvisi mengikuti perubahan materi dan model penyelenggara TPA lainnya. Dengan revisi rutin peserta lebih siap mengikuti tes TPA dari berbagai lembaga penyelenggara. Instruktur berpengalaman & sebagian besar berlatar belakang pendidikan yang relevan dengan materi pelatihan.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI

KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Ujian Simak UI Pascasarjana

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

Chat Now
1
Mau soal TPA secara Gratis ? Klik disini
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by