was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPAPelatihan TPA Bappenas

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas

By May 7, 2020 No Comments

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas

 

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas

 

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas – Sebelum kita membahas jauh lebih dalam mengenai tes verbal, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu verbal? Definisi verbal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah /ver•bal/ /vérbal/ secara lisan (bukan tertulis), sedangkan kemampuan verbal adalah kemampuan potensial seseorang dibidang bahasa yang dapat diukur melalui tes pengetahuan verbal kosakata atau perbedaharaan kata, padanan kata atau verbal analogi, persamaan kata atau sinonim, lawan kata atau antonim serta verbal lainnya.

 

Tes kemampuan verbal adalah tes yang digunakan pada psikotes atau tes psikologi yang tujuannya untuk mengukur kecakapan dan kemampuan bahasa seseorang, baik itu lisan maupun tulisan, serta tes verbal ini untuk mengukur sejauh mana seseorang bisa memahami mengenai perihal yang dibicarakan.

 

Dengan mempunyai kemampuan verbal yang baik, seseorang atau komunikan (pendengar atau pembaca) mudah untuk memahami pesan baik itu secara tertulis (written) atau secara lisan (oral) yang disampaikan oleh komunikator.

 

Kemampuan verbal sangatlah berkaitan dengan inteligensi seseorang. Semakin tinggi inteligensi seseorang biasanya mempunyai pengetahuan umum atau informasi serta wawasan yang luas. Contoh soal TPA verbal Bappenas berkaitan dengan kemampuan bahasa serta tingkat pendidikan seseorang, jika seseorang mempunyai perbendaharaan kata (vocabulary) yang luas maka tinggi pula tingkat inteligensinya.

 

Kegunaan tes verbal untuk mengetahui kemampuan bahasa dan perbendaharaan kata seseorang dalam mencari kata-kata pada persamaan kata atau sinonim, dapat mencari kata yang berlawanan arti atau antonim, dapat mengelompokan kata, memiliki kemampuan pola analogi dan kemampuan verbal lainnya.

 

Kiat-kiat untuk dapat menyelesaikan berbagai tes jenis verbal ini dengan banyak membaca buku agar mempunyai perbedaharaan kata (vocabulary) yang banyak serta mempunyai daya ingat yang tinggi dapat membantu anda dalam menjawab soal-soal dalam pertanyaan tes verbal.

 

 

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas

Pilihlah di antara A, B, C, D dan E yang mempunyai SINONIM dengan soal!

 

  1. Stabilitas …

A.Keajegan

B.Kemantapan

C.Kesiapan

D.Kecocokan

E.Kesenjangan

 

Jawaban: Stabilitas dalam Tesaurus memiliki arti kemantapan; kestabilan; keseimbangan. Oleh karena itu, kata stabilitas sepadan dengan kata KEMANTAPAN (B)

 

  1. Optimal …

A.Pesimis

B.Optimis

C.Terbaik

D.Terpuruk

E.Penuh

 

Jawaban: Optimal dalam Tesaurus memiliki arti terbaik; tertingi. Oleh karena itu, kata optimal sepada dengan kata TERBAIK (C)

 

  1. Sektor …

A.Penggerak

B.Daerah

C.Penata

D.Usaha

E.Perdagangan

 

Jawaban: Sektor dalam KBBI memiliki arti lingkungan suatu usaha; bagian daerah pertempuran (penjagaan atau pertahanan). Oleh karena itu, kata sektor sepada dengan kata DAERAH (B)

Latih menjawab soal lebih banyak lagi untuk jenis soal SINONIM

 

 

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas

Pilihlah di antara A, B, C, D dan E yang mempunyai ANTONIM dengan soal!

 

  1. Cacat …

A.Kurang

B.Sempurna

C.Rusak

D.Standar

E.Baku

 

Jawaban: Cacat dalam KBBI memiliki arti kekurangan yang menyebabkan nilai atau mutunya kurang baik atau kurang sempurna. Oleh karena itu, lawan kata yang tepat dari kata cacat adalah SEMPURNA (B)

 

  1. Krisis …

A.Labil

B.Darurat

C.Stabil

D.Bahaya

E.Aman

 

Jawaban: Krisis dalam KBBI memiliki arti keadaan yang berbahaya; keadaan yang genting; kemelut. Oleh karena itu, lawan kata yang tepat dari kata krisis adalah AMAN (E)

 

  1. Kapabel …

A.Pandai

B.Lambat

C.Cekatan

D.Piawai

E.Bodoh

 

Jawaban: Kapabel dalam KBBI memiliki arti mampu; cakap; pandai; sanggup. Oleh karena itu, lawan kata yang tepat dari kata kapabel adalah BODOH (E)

Latih menjawab soal lebih banyak lagi untuk jenis soal ANTONIM

 

 

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas

Pilihlah di antara A, B, C, D dan E yang mempunyai HUBUNGAN/PERBANDINGAN yang paling tepat dengan soal!

 

  1. Semir – Sepatu = Deterjen – …

A.Kaki

B.Rambut

C.Sabun

D.Pakaian

E.Cuci

 

Jawaban: Semir digunakan untuk membersihkan sepatu, sedangkan deterjen digunakan untuk membersihkan PAKAIAN (D)

 

  1. Prestasi – Hadiah = Pengabdian – …

A.Penghargaan

B.Pengorbanan

C.Penghormatan

D.Pemasukan

E.Pengakuan

 

Jawaban: Jika berprestasi maka dapat hadiah, sedangkan jika mengabdi maka dapat PENGHARGAAN (A)

 

  1. Semen – Gedung = Air – …

A.Tawar

B.Makanan

C.Piring

D.Minuman

E.Dingin

 

Jawaban: Semen digunakan untuk membuat gedung, sedangkan air digunakan untuk membuat MINUMAN (D)

 

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

 

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka dengan mengikuti Kursus TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

 

Apa Saja Manfaat Pelatihan TPA ?

 

Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Selain itu keuntungan lainnya adalah : Nilai TPA pasca pelatihan yang diperoleh karyawan / peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang tinggi bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi /rendah;

Pelatihan TPA Bappenas Online akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah.

Dengan mengikuti Pelatihan TPA Bappenas Online yang akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi TPA.

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Contoh Soal TPA Verbal Bappenas

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

Chat Now
1
Mau soal TPA secara Gratis ? Klik disini
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by