was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA Bappenas

Contoh Soal TPA Pemahaman Wacana

By April 27, 2020 No Comments

Contoh Soal TPA Pemahaman Wacana

 

Contoh Soal TPA Pemahaman Wacana

 

Contoh Soal TPA Pemahaman Wacana – Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan. TPA sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada GRE.

 

TPA merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numerik) dan gambar (figural/spasial). Secara psikologi dipercaya bahwa terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus dimiliki seseorang sehingga ia berpeluang-besar berhasil menangani masalah yang bersifat intelektual. Karena itulah, TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian mahasiswa baru dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta. TPA digunakan dalam SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009 dan digunakan dalam SNMPTN tertulis untuk S1 sejak tahun 2012. Selain digunakan dalam penyaringan mahasiswa, TPA juga digunakan dalam penyeleksian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di kalangan peserta tes CPNS, TPA kerap disebut psikotest.

 

 

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kegesitan mental seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), serta tes logika cerita dan soal pemahaman wacana TPA.

 

Di dalam tes potensi akademik ada banyak ragam jenis soal ujiannya salah satunya adalah soal Tes Pemahaman Wacana TPA. Berikut kami berikan contoh soal TPA pemahaman wacana untuk Anda :

 

Petunjuk: Untuk soal nomor 1-5, berhubungan dengan wacana (kutipan) berikut ini.

Bacalah kutipan itu dengan baik, lalu jawablah soal-soal yang menyertainya. Setiap soal mempunyai 5 kemungkinan jawaban.

Pemerintah Kabupaten Malang saat ini tengah mencari investor untuk membangun pabrik semen di kawasan Malang Selatan. Diperkirakan, investasi pabrik mencapai Rp 1,4 triliun. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Malang Budi Iswoyo, Pemkab Malang merasa tidak sanggup mendanainya. “Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan suntikan dana dari pihak ketiga yang berminat menanamkan investasinya di sini,” ujarnya, Jumat (13/1).

 

Saat ini, Budi menerangkan pihaknya sudah mempresentasikan rencana mendirikan pabrik tersebut ke beberapa pengusaha semen di Sulawesi melalui PT. Semen Gresik. Namun, sejauh ini belum ada yang dapat memberikan kepastian. Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, potensi batu kapur yang merupakan bahan utama semen ini terdapat di lima kecamatan di Kabupaten Malang, yaitu di kecamatan Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Dampit, dan Pagak.

 

Sekretaris Asosiasi Perusahaan Tambang (APERTAM) Jawa Timur M. H. Rudin Al-Sonny YPE mengatakan bahwa sebelum memikirkan tentang pendirian pabrik semen, Pemkab Malang seharusnya mendahulukan pembangunan pelabuhan di Malang Selatan. Pelabuhan ini sangat penting peranannya baik dalam hal bongkar muat batu bara sebagai bahan bakar pabrik, maupun transportasi hasil produksi pabrik. (KOMPAS, 14 Januari 2006)

 

  1. Pokok pikiran yang dapat disimpulkan dari wacana di atas adalah ….

 

A.Kebutuhan dana investasi Pemkab Malang

B.Daerah penghasil kapur di Kabupaten Malang

C.Rencana Pemkab Malang membangun pabrik semen di kawasan Malang Selatan

D.Tata ruang daerah sentra produksi di Kabupaten Malang

E.Kebutuhan investasi mencapai Rp 1,4 triliun

 

Jawaban: C

Pembahasan: Pokok pikiran disebut juga gagasan utama. Gagasan utama adalah suatu ide pokok yang ada dalam suatu paragraf. Setiap paragraf mempunyai gagasan pokok (utama) sebagai pengendali. Dikatakan sebagai pengendali karena gagasan pokok itu mengendalikan uraian selanjutnya sehingga gagasan pokok dan penjelasnya membentuk satuan makna. Pokok pikiran yang dapat disimpulkan dari wacana di atas adalah Rencana Pemkab Malang membangun pabrik semen di kawasan Malang Selatan.

 

  1. Sebelum merencanakan pembangunan pabrik semen, pembangunan infrastruktur yang seharusnya didahulukan adalah ….

A.Pembangunan jalan lintas Malang Selatan

B.Pembangunan pelabuhan di Malang Selatan

C.Studi kelayakan pemetaan wilayah kecamatan penghasil kapur

D.Pembuatan pabrik batu bara bahan bakar pabrik

E.Pembelian material bangunan fisik pabrik

 

Jawaban: B

Pembahasan: Pada paragraf 5, disebutkan bahwa: Sekretaris Asosiasi Perusahaan Tambang (APERTAM) Jawa Timur M. H. Rudin Al-Sonny YPE mengatakan bahwa sebelum memikirkan tentang pendirian pabrik semen, Pemkab Malang seharusnya mendahulukan pembangunan pelabuhan di Malang Selatan.

 

  1. Pada wacana di atas, yang dimaksud dengan pabrik investor adalah …

A.Pemerintah Kabupaten Malang

B.PT. Semen Gresik

C.Asosiasi Perusahaan Tambang (APERTAM)

D.Pihak ketiga yang berminat menanamkan investasi

E.Warga Malang Selatan

 

Jawaban: D

Pembahasan: Investor adalah pihak yang menanamkan modal pada bidang usaha tertentu. Pada wacana di atas, yang dimaksud dengan pabrik investor adalah pihak ketiga yang berminat menanamkan investasi.

 

  1. Gagasan utama dari paragraf kedua adalah ….

A.Rencana pembangunan pabrik semen di Malang Selatan

B.Pemkab Malang tidak mampu mendanai pembangunan pabrik semen di Malang Selatan

C.Prioritas pembangunan di Kabupaten Malang

D.Malang Selatan sebagai penghasil batu kapur sebagai bahan bakar semen

E.Penawaran rencana pembangunan pabrik semen ke PT. Semen Gresik

 

Jawaban: B

Pembahasan: Gagasan utama paragraf kedua adalah Pemkab Malang tidak mampu mendanai pembangunan pabrik semen di Malang Selatan.

 

  1. Arti kata “produksi” dalam wacana di atas adalah ….

A.Proses pengolahan batu kapur menjadi semen

B.Pembangunan pabrik semen di Malang Selatan

C.Kegiatan penawaran rencana Pemkab Malang untuk membangun pabrik semen kepada pihak ketiga

D.Pengangkutan batu bara sebagai bahan bakar pabrik

E.Ketidakmampuan Pemkab Malang mendanai pembangunan pabrik semen di Malang Selatan

 

Jawaban: A

Pembahasan: Produksi adalah proses mengolah bahan mentah atau baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

 

Contoh Soal TPA Pemahaman Wacana

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply