was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPA Bappenas

Karakteristik Tes Potensi Akademik

By March 5, 2020 No Comments

Karakteristik Tes Potensi Akademik

 

Karakteristik Tes Potensi Akademik

 

Karakteristik Tes Potensi Akademik – Kecerdasan (IQ) merupakan prediktor yang efektif terhadap performansi individu dalam bekerja, baik dalam seting pendidikan/akademik atau lingkungan kerja. Untuk menindaklanjuti hal ini, banyak tes-tes kecerdasan dari luar negeri diadaptasi ke budaya Indonesia atau tes yang dikembangkan khusus untuk populasi orang Indonesia. Tes IQ memiliki kelebihan dibandingkan tes lain dalam hal profil kemampuan kognitif mengenai kekuatan dan kelemahan individu. Tes IQ dapat memprediksi prestasi akademis siswa dan performansi kerja seorang karyawan. Tes IQ juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi individu yang mengalami gangguan perkembangan. Hal ini dikarenakan IQ dapat memberikan informasi batas-batas kemampuan seorang individu dan pengaruh dari gangguan yang dialami terhadap kemampuan belajar. Dalam seting sekolah, IQ dapat memberikan informasi apakah seorang siswa perlu mendapatkan program khusus ataukah tidak.

 

Kecerdasan bersifat multidimensi yang menyebabkan administrasi tes untuk mengukur kecerdasan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengantisipasi hal ini beberapa pengguna kemudian beralih ke tes kecerdasan yang lebih praktis dan dapat dikenakan pada banyak orang secara bersamaan (klasikal). Tes kecerdasan yang bersifat klasikal kemudian menjadi populer dibanding dengan tes-tes kecerdasan yang bersifat individual. Nampaknya tes-tes kecerdasan yang bersifat individual kemudian hanya dipakai dalam bidang pendidikan saja, terutama pada siswa yang berasal dalam masa perkembangan anak dan remaja. Popularitas tes kecerdasan klasikal ini semakin tinggi ketika penggunaannya mulai masuk ke bidang industri dan organisasi untuk keperluan seleksi, penempatan dan promosi karyawan. Tes-tes yang banyak dipakai antara lain, Advanced Progressive Matrices (APM) yang merupakan tes yang bersifat adil budaya, atau Intelligenz Struktur Test (IST) tidak adil budaya karena ada unsur tes verbal di dalamnya.

 

Sementara itu tes kecerdasan yang bersifat klasikal yang dikembangkan oleh penyusun tes dari dalam negeri juga berkembang pesat. Misalnya Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bakal Skolastik (TBS) atau Tes Inteligensi Umum (TIU) yang khusus dipakai untuk keperluan seleksi pegawai negeri. Sementara itu tes inteligensi khusus untuk seleksi calon siswa di level perguruan tinggi juga dikembangkan, misalnya Tes Potensi Pascasarjana (PAPS). Tes-tes ini memiliki spesifikasi yang hampir sama, misalnya memuat tiga subtes, yaitu kemampuan verbal, kuantitatif dan figural.

 

Tes Potensi Akademik sebagai Tes Admisi

 

Di lingkup universitas, tes potensi akademik merupakan sebuah tes potensi terstandar yang dibutuhkan sebagai salah satu komponen dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi. Skor yang didapat pada tes potensi akademik merupakan prediktor dalam menentukan performansi mahasiswa saat mengikuti program pendidikan yang lebih tinggi. Dalam teorinya, tes potensi akademik menyediakan informasi mengenai kriteria-kriteria atau kualifikasi umum yang dapat digunakan untuk membandingkan seluruh calon mahasiswa antara satu dengan lainnya. Tujuannya adalah agar mereka dapat memiliki informasi dalam membuat keputusan dalam menerima mahasiswa baru.

 

Tes potensi akademik bukanlah satu-satunya tes yang dipakai untuk menyeleksi calon mahasiswa. Tes ini menjadi pelengkap beberapa tes, misalnya tes prestasi yang menekankan pada materi bidang yang akan digeluti serta tes penguasaan bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris. Oleh karena itu, skor yang dihasilkan oleh tes potensi akademik ini tidak dijadikan sebagai kriteria tunggal dalam menerima siswa di perguruan tinggi. Di Amerika Serikat pihak panitia juga perlu mempertimbangkan nilai mahasiswa ketika SMA, surat rekomendasi, kegiatan ekstrakulikuler, prestasi mahasiswa, wawancara, dan juga informasi relevan lain yang dimiliki oleh siswa dalam membuat keputusan. Sebuah penelitian menemukan bahwa peringkat kelas saat SMA dan nilai rata-rata dari tes prestasi menjadi prediktor yang kuat terhadap kesuksesan akademik seorang siswa (Baron & Norman, 1992).

 

Tes potensi akademik secara luas dianggap sebagai tes untuk mengetahui tingkat kemampuan mental dasar yang dapat memberikan gambaran tentang mengenai proyeksi calon mahasiswa. Tes potensi akademik juga dipakai sebagai standar kualitas (gold standard) mengenai seperangkat kemampuan yang dapat memprediksi bagaimana calon mahasiswa akan tampil di tahun-tahun awal mereka kuliah.

 

 

Karakteristik Tes Potensi Akademik

 

Karakteristik tes potensi akademik dapat digambarkan sebagai tes yang berorientasi pada hasil, sebagai lawan tes yang berorientasi proses. Dalam tes yang berorientasi hasil, yang dipentingkan adalah total skor yang kembali diproyeksikan oleh jumlah jawaban yang benar. Fokus dari tes yang berorientasi proses adalah jawaban, baik jawaban yang benar dan yang salah. Fokus ini berbeda dengan tes yang dipakai untuk fungsi diagnostik sebuah tes yang menekankan pada pola respon masing-masing individu yang mengikuti tes.

 

 

Manfaat Tes Potensi Akademik

 

Dari sisi mahasiswa, tes potensi akademik memiliki manfaat untuk membantu mahasiswa dalam menentukan arah dan tujuan mereka dari SMA ke perguruan tinggi dan juga dalam penentuan karier. Informasi yang diberikan oleh tes potensi akademik juga dapat memberikan manfaat praktis seperti (a) pintu masuk ke perguruan tinggi, (b) membantu siswa dalam membangun kemampuan yang dimiliki, (c) membantu siswa dalam memperoleh kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.

 

 

Fungsi Tes Potensi Akademik

 

  • Mengukur kemampuan literasi dan menulis yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan di perguruan tinggi;
  • Menilai kemampuan siswa dalam menganalisis dan menyelesaikan sebuah persoalan;
  • Prediktor kesuksesan siswa saat berada di perguruan tinggi.

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Karakteristik Tes Potensi Akademik

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

Chat Now
1
Mau soal TPA secara Gratis ? Klik disini
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by