was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPAPelatihan TPA Bappenas

Perbedaan TPA dengan TPS

By April 8, 2020 No Comments

Perbedaan TPA dengan TPS

 

Perbedaan TPA dengan TPS

 

Perbedaan TPA dengan TPS – Dalam hal ujian atau tes penerimaan mahasiswa atau pegawai di suatu instansi biasanya ujian yang di ujikan ialah tes potensi akademik, tes toefl dan wawancara. Selain itu, perubahan lain yang harus kamu ketahui adalah materi tes yang akan diujikan. Mungkin bagi Anda yang sering dengar TPA tidak merasa asing, tetapi ada tes yang menyerupai dengan TPA, yaitu TPS atau tes potensi skolastik. Lalu apakah yang menjadi perbedaan TPA dengan TPS ? Yuk sama-sama kita cari tau ..

 

TPA (Tes potensi akademik)

Perbedaan TPA dengan TPS untuk TPA, yang akan diujikan adalah materi-materi rumpun Saintek dan Soshum. Tes TPA ini akan mengukur pengetahuan kamu pada materi yang diajarkan di sekolah dan yang dibutuhkan saat mengikuti program studi yang dipilih. Pada soal TPA nanti, kamu akan dihadapkan dengan soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skill).

 

Berbeda dengan soal TPA yang sudah cukup dipahami oleh para calon mahasiswa, masih banyak yang bingung akan soal TPS. Perbedaan TPA dengan TPS tes potensi skolastik sebenarnya bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan dasar kamu dalam menjalani perkuliahan.

 

 

TPS (Tes Potensi Skolastik)

TPS atau Tes Potensi Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang ada pada diri yang bersangkutan. Dalam tes ini, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Tes ini dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi untuk masuk ke perguruan tinggi, disamping kemampuan akademik.

 

Prof. Intan Ahmad, Ph.D., Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, menjelaskan jika TPA adalah kompetensi yang ditentukan oleh level dan kecanggihan masing-masing SMA, berbeda dengan TPS yang akan menilai potensi calon mahasiswa secara pribadi.

 

TPA tujuannya untuk mengetahui kompetensi akademik yang dimiliki siswa. Jadi bisa saja kompetensi satu sekolah dalam akademiknya bisa bagus sekali dibandingkan sekolah yang lain. Nah dalam TPS, jika seorang anak memiliki potensi yang bagus, walaupaun SMA-nya bukan dari sekolah unggulan, dia juga berpeluang untuk bisa terjaring. Jadi, diharapkan dengan sistem yang baru ini, proses seleksi menjadi lebih objektif atau lebih adil.

 

Ujian potensi akademik ini sendiri biasanya dibagi menjadi beberapa jenis soal psikotes, biasanya ialah tes angka alias numerik, tes verbal, tes gambar atau sering disebut dengan tes spesial dan juga tes lawan kata. Terdengar cukup sederhana memang, namun tidak akan sesederhana yang anda pikirkan ketika sudah mulai mengerjakan tes potensi akademik tersebut.

 

Bagi beberapa orang, tes potensi akademik dianggap menjadi ketakutan tersendiri, karena soal yang diberikan biasnya merupakan pilihan-pilihan yang menjebak. Jika anda tak benar-benar teliti, maka akan sangat mudah bagi anda untuk terperdayai. Namun, hal ini tentu tidak akan terjadi jika anda sudah melakukan beberapa latihan sebelumnya.

 

 

 

 

Tips Lulus Seleksi TPA

Nah, agar tak lagi terjebak dengan pilihan yang diberikan dan lebih mudah untuk menembus tes potensi akademik, berikut tips lulus seleksi TPA yang bisa anda ingat dan praktekan ketika sedang melaksanakan ujian ini.

 

  1. Mencoba lebih akrab dengan karakteristik setiap soal tes

Saat ini, ada banyak sekali instansi yang memberikan tes potensi akademik, namun tentu saja setiap soal dari instansi tersebut memiliki model soal, tingkat kesulitan juga strategi penyelesaian soal yang berbeda. Itu sebabnya, sebelum datang untuk mengikuti ujian ini, sebaiknya anda sudah mengetahui terlebih dahulu bagaimana model dan karakteristik tes yang akan diikuti.

 

  1. Jangan pernah malas untuk berlatih

Dengan rajin berlatih pula, maka kecepatan anda untuk memahami dan menemukan jawaban untuk setiap soal ujian potensi akademik akan semakin meningkat saja, jadi jangan pernah malas untuk berlatih dengan soal-soal yang  sudah pernah ada sebelumnya. Terlebih saat ini tidak sulit bagi anda untuk menemukan soal-soal ujian semacam ini.

 

  1. Tetap fokus pada soal untuk setiap sesi

Fokus dan konsentrasi juga sangat dibutuhkan ketika anda sedang mengerjakan tes potensi akademik yang ada di depan anda. Rasa fokus secara otomatis juga akan sangat membantu anda untuk lebih teliti, sehingga akan lebih kecil lagi kemungkinan bagi anda untuk melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal ujian potensi akademik tersebut.

 

  1. Mulai kerjakan dari yang paling mudah

Bisa menyelesaikan soal yang dianggap paling sulit memang akan memberikan rasa puas tersendiri bagi anda, namun jangan terlalu mengikuti ego seperti itu dan anda harus membuang terlalu banyak waktu. Hal paling bijaksana yang bisa anda lakukan saat sedang melaksanakan tes potensi akademik ialah memulai dengan soal yang paling mudah terlebih dahulu, sehingga akan semakin banyak skor yang anda kumpulkan dalam waktu secepat mungkin.

 

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

 

 

Perbedaan TPA dengan TPS

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

×

Powered by Pelatihan TPA

× GRATIS Mini Try Out Bappenas