Pelatihan TPA Bappenas

Soal Soal TPA 2023 Terupdate

By May 3, 2023 No Comments

Soal Soal TPA 2023 Terupdate

 

 

Hallo Semuanyaa!!

Soal Soal TPA 2023 Terupdate – Tes Potensi Akademik, atau TPA, adalah salah satu jenis psikotes yang digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Di Indonesia, TPA sering digunakan dalam berbagai proses seleksi, seperti rekrutmen kerja, pemberian beasiswa, hingga seleksi penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi.

Menurut informasi yang diambil dari laman resmi Bappenas, TPA dirancang untuk mengevaluasi potensi intelektual yang dianggap sebagai faktor penentu kesuksesan seseorang dalam menempuh pendidikan tingkat lanjut, seperti program S2 atau S3. Meskipun soal-soal TPA mungkin terlihat sederhana, banyak individu yang menghadapi kesulitan dalam menghadapi tes ini. Kendala-kendala tersebut bervariasi, termasuk kurangnya ketelitian, keterbatasan waktu, serta kebingungan dalam memilih jawaban yang benar.

TPA pada dasarnya selalu mencakup hal‐hal tersebut. Soal-soal dalam TPA biasanya mencakup materi tes verbal, tes gambar, dan tes numerik, yang kesemuanya memerlukan kemampuan logika dalam menyelesaikannya.  Nantinya kemampuan berbahasa dan berkomunikasi akan dibahas melalui tes ini. Sisi kemampuan Anda dalam memecahkan masalah juga akan terlihat.

Soal Soal TPA 2023 Terupdate

Soal-soal TPA numerik biasanya menguji pemahaman Anda terhadap materi matematika dasar. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut beberapa materi potensi akademik yang diujikan beserta pembahasannya yang perlu Anda ketahui. Secara umum, jenis soal-soal TPA mencakup:

  1. Soal-soal TPA Tes verbal mencakup berbagai aspek bahasa, termasuk penguasaan kosakata, tes padanan kata (sinonim), lawan kata (antonim), kelompok kata (group), dan persamaan hubungan kata (analogi).
  2. Soal-soal TPA Tes kemampuan kuantitatif mencakup berbagai jenis ujian seperti tes kecerdasan, tes seri angka dan huruf, tes kemampuan numerik (numerical test), serta tes aritmatik (arithmetical test).
  3. Soal-soal TPA Tes logika mencakup penalaran logis dan penalaran analitis.
  4. Soal-soal TPA Tes gambar melibatkan berbagai jenis tes seperti tes klasifikasi gambar, tes hubungan dan konsistensi logis, tes pandang ruang, tes visualisasi, tes bentuk geometris, dan tes kubus.

Meskipun ada beberapa variasi dalam isi tes TPA, penting untuk diingat bahwa TPA memiliki peran yang sangat signifikan dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi atau penerimaan pekerjaan tertentu. Dengan hasil TPA yang baik, seseorang dapat membuktikan kemampuannya dalam memahami dan menguasai materi akademik atau pekerjaan yang dihadapinya.

Baca juga: Tes TPA Online Solusi Praktis Dan Efisien

TPA Untuk Akademik

Soal Soal TPA 2023 Terupdate

Tujuan utama dari tes potensi akademik (TPA) biasanya adalah untuk memenuhi kebutuhan akademik. TPA adalah sebuah tes yang secara khusus dirancang untuk mengukur kemampuan dasar seseorang dalam berpikir logis, penalaran, dan kemampuan pemecahan masalah. TPA sering dijadikan salah satu persyaratan dalam proses penerimaan di perguruan tinggi atau untuk seleksi beasiswa. Jika Anda berencana mengikuti TPA untuk keperluan akademik, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam persiapan:

  • Persiapkan diri dengan baik. Luangkan waktu untuk mempelajari materi yang akan diujikan dalam TPA dan praktikkan dengan soal-soal TPA sebelum ujian.
  • Gunakan sumber belajar yang terpercaya. Pastikan Anda menggunakan sumber belajar yang terpercaya, seperti buku soal-soal TPA atau sumber online dari situs yang dapat diandalkan.
  • Minta bantuan dari guru atau teman yang ahli. Jika Anda merasa kesulitan memahami soal-soal TPA, jangan ragu untuk meminta bantuan dari guru atau teman yang memiliki pemahaman yang baik dalam materi TPA.
  • Lakukan simulasi tes. Melakukan simulasi tes dengan soal-soal TPA akan membantu Anda mengukur kemampuan Anda dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
  • Pastikan Anda cukup istirahat. Sebelum mengikuti ujian, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup agar dalam kondisi yang optimal saat menghadapi ujian.
  • Siapkan alat tulis dan identitas diri. Pastikan Anda membawa perlengkapan tulis seperti pensil dan kalkulator yang dibutuhkan, serta identitas diri yang diperlukan untuk ujian.
  • Hindari stres. Selalu pertahankan ketenangan dan hindari stres saat menghadapi ujian. Fokuslah pada soal-soal TPA yang sedang dihadapi dan jangan terlalu lama terpaku pada satu soal.

TPA Untuk Masuk Kerja

Tes Potensi Akademik (TPA) memiliki peran penting dalam membantu individu memasuki dunia kerja, terutama bagi lulusan baru atau mereka yang belum memiliki pengalaman kerja yang signifikan. Banyak perusahaan menggunakan TPA sebagai alat untuk menilai potensi calon karyawan dalam memecahkan masalah, kemampuan analisis verbal dan numerik, serta keterampilan berpikir logis dan kritis. Ketika menghadapi TPA, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan Anda memahami format dan jenis soal-soal TPA yang akan diujikan.
  • Berlatih secara teratur untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, analisis verbal dan numerik, serta berpikir logis dan kritis.
  • Jaga kondisi fisik dan psikologis Anda dalam keadaan baik saat mengambil TPA, untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu.

Secara keseluruhan, Tes Potensi Akademik (TPA) dapat membantu Anda menunjukkan kemampuan akademik dan potensi dalam berbagai bidang pekerjaan. Namun, perlu diingat bahwa TPA hanyalah satu dari beberapa faktor yang digunakan oleh perusahaan untuk mempertimbangkan kandidat terbaik.

Baca juga: 20 Contoh Soal TPA Bapenas S2

Berikut ini Soal Soal TPA 2023

Soal Soal TPA 2023 Terupdate

Soal TPA Tes Verbal

  1. MATA : PENGLIHATAN

A. Telinga : Pendengaran

B. Hidung : Penciuman

C. Lidah : Pengecapan

D. Kulit : Pemahaman

E. Otak : Berpikir

 

  1. ROTI : ROTI BAKAR

A. Ikan : Ikan Goreng

B. Ayam : Ayam Panggang

C. Telur : Telur Dadar

D. Nasi : Nasi Goreng

E. Sayur : Sayur Rebus

 

  1. TEMPO HARI …

A. Minggu lalu

B. Beberapa waktu lalu

C. Baru-baru ini

D. Tepat waktu

E. Kemarin

 

  1. SEMANGAT …

A. Penuh kebahagiaan

B. Dengan selera makan

C. Tanpa gairah

D. Dengan perasaan sedih

E. Dengan tekad yang tinggi

 

  1. SANTAI ><

A. Gembira

B. Serius

C. Riuh

D. Ceria

E. Bersemangat

 

  1. SEPELE ><

A. Penting

B. Remeh

C. Berharga

D. Esensial

E. Sederhana

 

  1. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

A. Buah apel

B. Buah mangga

C. Buah jeruk

D. Buah nanas

E. Buah meja

 

  1. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

A. Matahari

B. Bulan

C. Bumi

D. Mars

E. Lautan Atlantik

 

Suatu hari di hutan hujan tropis yang lebat, seorang penjelajah alam bernama David menemukan sejenis tumbuhan yang unik. Tumbuhan ini hidup di lingkungan yang selalu lembab dan basah. Tumbuhan ini tumbuh dalam koloni dan sering kali menempel pada permukaan batang pohon yang lebih besar. Selain itu, tumbuhan ini ditemukan memiliki akar yang disebut rhizoid yang berfungsi untuk melekat pada substrat tempatnya hidup dan mengambil air serta zat-zat hara yang diperlukan. Ciri menarik lainnya adalah tumbuhan ini tidak memiliki jaringan pengangkut seperti tumbuhan berpembuluh.

  1. Tumbuhan apa yang ditemukan oleh David?

A. Pohon Raksasa

B. Tumbuhan Paku

C. Lumut

D. Pohon Anggrek

E. Alga

 

Di suatu desa kecil, terdapat enam orang anak yang sangat gemar membaca. Mereka memutuskan untuk meminjam buku dari perpustakaan desa. Keenam anak ini memiliki preferensi berbeda dalam pemilihan buku. Anak pertama suka membaca buku petualangan, sedangkan anak kedua lebih menyukai buku-buku sejarah. Anak ketiga adalah penggemar cerita misteri, sedangkan anak keempat senang membaca novel fiksi ilmiah. Anak kelima lebih suka buku-buku tentang alam dan lingkungan, sementara anak keenam lebih suka buku-buku tentang seni dan lukisan.

1o. Berdasarkan preferensi ini, mana yang paling mungkin menjadi pilihan anak ketiga?

A Buku Sejarah

B. Buku Petualangan

C. Buku Fiksi Ilmiah

D. Buku Misteri

E. Buku Seni dan Lukisan

Baca juga: Menghitung Skor Tes Potensi Akademik Terbaru

Soal TPA Tes Numerik

  1. 4 + 3 x 6 =

A. 10

B. 16

C. 7

D. 24

E. 18

 

  1. Berapa hasil dari 15% dari 240?

A. 36

B. 40

C. 45

D. 32

E. 38

 

  1. Seri angka: 2 5 10 17 26, apa angka selanjutnya dalam pola ini?

A. 30

B. 36

C. 37

D. 40

E. 45

 

  1. Seri angka: 3 6 12 24 48, apa angka selanjutnya dalam pola ini?

A. 54

B. 64

C. 72

D. 84

E. 96

 

  1. Seri huruf: b f j p v, apa huruf selanjutnya dalam pola ini?

A. z

B. s

C. w

D. q

E. r

 

  1. Suatu seri huruf: c g l s y, apa huruf selanjutnya dalam pola ini?

A. z

B. r

C. o

D. k

E. h

 

  1. Sebuah proyek konstruksi diperkirakan akan selesai dalam waktu 60 hari dengan 12 pekerja. Jika kemudian 4 pekerja tambahan bergabung, berapa hari waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut?

A. 40 hari

B. 45 hari

C. 50 hari

D. 55 hari

E. 48 hari

 

  1. David menabung di bank dengan bunga 10% per tahun. Jika dia menabung sebesar $2,000 selama 2 tahun, berapa jumlah uang yang akan dia miliki setelah 2 tahun?

A. $2,400

B. $2,200

C. $2,100

D. $2,300

E. $2,500

Baca juga: Penyebab Gagal Tes Potensi Akademik

Soal soal TPA Tes Logika

  1. Sebagian siswa tidak puas dengan hasil ujian matematika. Ahmad adalah salah seorang siswa yang mengikuti ujian tersebut. Mana yang benar?

A. Ahmad tidak puas dengan hasil ujian matematika.

B. Ahmad mungkin saja puas dengan hasil ujian matematika.

C. Ujian matematika bukanlah ujian yang sulit.

D. Ahmad tidak perlu belajar matematika.

E. Tidak dapat ditarik kesimpulan.

 

  1. Sebagian karyawan perusahaan telah mencuri informasi rahasia perusahaan. Mr. Y adalah salah seorang karyawan perusahaan tersebut. Mana yang benar?

A. Mr. Y pasti telah mencuri informasi rahasia perusahaan.

B. Mr. Y belum tentu mencuri informasi rahasia perusahaan.

C. Mr. Y selalu menjaga kerahasiaan perusahaan.

D. Pencurian informasi bukan perilaku etis.

E. Tidak dapat ditarik kesimpulan.

 

Diberikan 8 kotak peti yang diberi nomor 1 sampai 7. Anda harus meletakkan buah jambu, melon, semangka, jeruk, mangga, dan durian ke dalam peti-peti tersebut sesuai dengan aturan berikut:

  • Durian harus dimasukkan ke dalam peti nomor 4.
  • Semangka tidak diletakkan tepat di samping melon.
  • Jeruk harus diletakkan di samping mangga.
  1. Jika melon diletakkan di dalam peti nomor 2, di peti nomor berapa Anda akan menempatkan buah jeruk?

A. Peti nomor 1

B. Peti nomor 3

C. Peti nomor 5

D. Peti nomor 6

E. Peti nomor 7

 

Anda memiliki 8 kotak peti yang diberi nomor 1 sampai 7. Tugas Anda adalah meletakkan buah-buahan (jambu, melon, semangka, jeruk, mangga, dan durian) ke dalam peti-peti ini sesuai dengan ketentuan berikut:

  • Durian harus ditempatkan di peti nomor 4.
  • Semangka tidak boleh ditempatkan tepat di samping melon.
  • Jeruk harus ditempatkan di samping mangga.
  1. Jika melon diletakkan di dalam peti nomor 2, di peti nomor berapa Anda akan menempatkan buah jambu?

A. Peti nomor 1

B. Peti nomor 3

C. Peti nomor 5

D. Peti nomor 6

E. Peti nomor 7

Inilah beberapa contoh soal TPA yang dapat Anda pelajari. Namun, jika Anda ingin menguasai lebih banyak soal dan mendapatkan persiapan terbaik untuk TPA Anda, jangan ragu untuk bergabung dengan Bimbel Pelatihan TPA kami. Kami menawarkan berbagai soal latihan, ujian simulasi, dan panduan yang akan membantu Anda mencapai hasil terbaik dalam tes TPA Anda. Kunjungi website kami sekarang dan mulailah persiapan Anda untuk meraih kesuksesan.

Bimbel Pelatihan TPA adalah solusi terbaik untuk menghadapi ujian TPA Online dan mencapai cita-cita pendidikan Anda. Dengan program unggulan dan materi komprehensif, kami membantu Anda untuk bersiap menghadapi ujian TPA dengan percaya diri.

Apa yang Membuat Bimbel Pelatihan TPA Pilihan Terbaik?

Program kami dirancang khusus untuk Anda yang berambisi melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Keunggulan yang kami tawarkan meliputi:

  1. Try Out dengan Sistem CAT (Computer-Based Test): Berlatih dengan format ujian sebenarnya.
  2. Laporan Skor Hasil Try Out: Evaluasi kemampuan Anda untuk persiapan lebih baik.
  3. Pembahasan Soal dalam Format Video dan PDF: Pilihan belajar sesuai preferensi Anda.
  4. Materi Bisa diulang-ulang: Fleksibilitas dalam belajar untuk pemahaman yang lebih mendalam.
  5. Fleksibilitas Waktu dan Tempat: Kerjakan Try Out kapan dan di mana saja.

Kami menawarkan beragam paket belajar sesuai kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi tautan ini. Dengan Bimbel Pelatihan TPA, Anda memiliki panduan komprehensif untuk meraih kesuksesan dalam ujian TPA Online.

Soal soal TPA Online memudahkan peserta ujian, namun persiapan yang matang melalui Bimbel Pelatihan TPA tetap penting untuk meraih hasil maksimal. Bersiaplah lebih baik, pahami materi, dan kuasai strategi pengerjaan soal dengan bimbingan kami. Ini akan membantu Anda meraih kesuksesan dalam tes TPA dan melangkah lebih jauh dalam pendidikan Anda.

Ingin mengetahui lebih banyak program kami? Kunjungi situs web kami sekarang!

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

×

Powered by Pelatihan TPA

× GRATIS Mini Try Out Bappenas