was successfully added to your cart.
Pelatihan TPA Bappenas

Soal TPA Bappenas dan Pembahasan

By April 26, 2019 No Comments

Soal TPA Bappenas dan Pembahasan

 

Soal TPA Bappenas dan Pembahasan

 

Soal TPA Bappenas dan Pembahasan – Tes Potensi Akademik (TPA) pada umumnya juga sering di ujikan dalam proses penerimaan karyawan atau pegawai baru di sebuah perusahaan. Berbeda dengan psikotes, tes ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang di bidang akademik dan pengetahuan umum lainnya. Melalui tes potensi akademik (TPA) maka akan dapat diketahui tingkat kecerdasan seseorang atau calon karyawan dan pegawai baru.

 

Disamping calon karyawan baru sering gagal atau tidak lulus psikotes, pada tahap tes potensi akademik juga demikian. Hal ini biasanya di sebabkan oleh kurangnya persiapan untuk melatih diri sebelum tes potensi akademik diselenggarakan, atau hal lain diluar itu. Untuk lulus tes potensi akademik, modal utama yang harus kita miliki adalah kesehatan kemudian persiapan, persiapan yang saya maksud disini adalah melatih diri dengan soal tes potensi akademik. Untuk melatinya, anda dapat membeli ebook atau buku tes postensi akademik baik itu dari internet atau dari gramedia dan toko buku terdekat.

 

Tes Potensi Akademik yang dilakukan di Indonesia ini juga identik dengan tes GRE dan GMAT yang menjadi standar internasional. Saat ini, Tes Potensi Akademik merupakan salah satu tes standar menerimaan di perguruan tinggi untuk jenjang S2 dan S3. Bahkan skarang SMPTN pun pake Tes TPA serta salah satu tes yang diujikan dalam rekrutmen penerimaan tenaga kerja baru. Selain itu, tes potensi akademi (TPA) juga digunakan sebagai tes standar penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS), maupun pegawai swasta. Bahkan kenaikan pangkat setingkat manajer atau team leader juga seringkali mempersyaratkan tes TPA dengan skor minimum tertentu.

 

Kan memang sudah tidak asing lagi, biasanya saat akan menghadapi tes masuk baik itu untuk perguruan tinggi maupun kerja kita sering membutuhkan berbagai referensi soal untuk latihan misalnya latihan untuk test TPA.

 

 

Soal TPA Bappenas dan Pembahasan

 

Agar dapat memiliki sedikit gambaran mengenai soal tes yang akan dihadapi nantinya, silahkan Anda simak langsung contoh Soal TPA Bappenas dan Pembahasan yang di jabarkan berikut dibawah ini:

 

Soal TPA Bappenas dan Pembahasan

 

 

  1. HUTAN: POHON =

A.Papan : Kayu

B.Armada : Kapal

C.Mawar : Duri

D.Rak : Buku

E.Baris : Peleton

 

Jawaban : (B) Hutan merupakan tempat berkumpulnya pepohonan. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Armada: Kapal, karena armada merupakan tempat berkumpulnya kapal-kapal.

 

 

  1. ANALGESIK: NYERI =

A.Ketahanan : Perkakas

B.Improvisasi : Musik

C.Pelumas : Gesekan

D.Kepercayaan : Tipuan

E.Masalah : Pening

 

Jawaban : (C) Analgesik merupakan sesuatu yang dapat mengurangi nyeri. Kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Pelumas: Gesekan, karena pelumas merupakan sesuatu yang dapat mengurangi gesekan.

 

 

  1. BUNGA: RIBA =

A.Hasrat : Ekstravaganza

B.Hemat : Kikir

C.Khawatir : Bangkrut

D.Akrab : Sengit

E.Diabetes : Obesitas

 

Jawaban : (B) Bunga adalah sebuah konotasi yang baik dari kata riba. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Hemat: Kikir, karena hemat adalah sebuah konotasi yang baik dari kata kikir.

 

 

  1. BAIT: PUISI =

A.Bendera : Lagu Kebangsaan

B.Loteng : Bangunan

C.Sajak : Prosa

D.Hiasan Dinding : Lukisan

E.Rumah : Keluarga

 

Jawaban : (B) Bait merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah puisi. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Loteng: Bangunan, karena loteng merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah bangunan.

 

 

  1. FILM: SKENARIO =

A.Drama : Panggung

B.Sandiwara : Plot

C.Teater : Acara

D.Resital : Tinjauan

E.Musisi : Penyanyi

 

Jawaban : (B) Di dalam sebuah film ada satu bagian yang disebut skenario. Kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Sandiwara: Plot, karena di dalam sebuah sandiwara ada satu bagian yang disebut plot.

 

 

  1. ACEH: SERAMBI MEKAH =

A.Michael Jackson : King of Pop

B.Michael Shumacher : Pembalap

C.Michael Gorbachev : Pemimpin Soviet

D.Madonna : Seksi

E.Ka’bah : Arab Saudi

 

Jawaban : (A) Aceh mempunyai julukan Serambi Mekah. Katakata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Michael Jackson: King of Pop, karena Michael Jackson mempunyai julukan King of Pop.

 

 

  1. KANTUK: KEPENATAN =

A.Mimpi : Tidur

B.Marah : Kegeraman

C.Muka : Ekspresi

D.Ceria : Akting

E.Senyum : Kegembiraan

 

Jawaban : (E) Kantuk muncul akibat sebuah kepenatan. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Senyum: Kegembiraan, karena senyum muncul akibat sebuah kegembiraan.

 

Bagaimana, bisa mengerjakan semua latihan di atas? Tenang, ini cuma latihan jadi jika ada soal yang sulit tidak perlu di pikirkan terlalu serius dan stress. Yang perlu di lakukan adalah mendalami berbagai soal latihan tersebut agar jika kita mendapatkan soal di atas kita bisa mengerjakannya dengan mudah dan benar.

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

 

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

 

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

 

Soal TPA Bappenas dan Pembahasan

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

1
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by