Soal TPA Online

Soal TPA Online

Soal TPA Online

Tes Potensi Akademik atau TPA adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis. Karenanya TPA ini sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik identik dengan tes GRE atau Graduate Record Examination sebagai standar internasional. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada tes GRE. Tes GRE menjadi standar internasional syarat penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi.

 

TPA merupakan suatu standar tes yang bertujuan untuk mengukur potensi akademik calon mahasiswa dengan membandingkan potensi satu calon mahasiswa dengan mahasiswa lain secara lebih obyektif, baik itu calon mahasiswa S1, S2, dan S3. TPA masuk ke SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009. Bahkan juga, TPA digunakan pada Tes Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) namun sering dipanggil sebagai psikotest. TPA masuk ke SNMPTN tertulis untuk S1 sejak tahun 2012.

 

 

Materi Soal TPA

TPA biasanya diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Universitas tertentu secara independen atau Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) Bappenas bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas tertentu. Untuk itu, TPA sering disebut sebagai TPA OTO Bappenas. Soal TPA OTO Bappenas terdiri atas 250 soal dengan waktu pengerjaan 3 jam. Adapun subtest materi TPA ada 3 bagian yaitu :

 

  1. Tes verbal

Berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

 

  1. Tes angka atau numerik

Berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

 

  1. Tes logika atau penalaran

Berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

 

 

Tes TPA online bisa dimanfaatkan untuk mencoba kemampuan potensi akademik secara instan karena biasanya selain disediakan soal dengan form isiannya, sekaligus juga diberikan analisa hasil jawaban. Nah, di artikel massageng.com kali ini ada daftar situs-situs yang memberikan fasilitas tes tpa online yang bisa anda manfaatkan untuk berlatih TPA.

 

 

Tips Mengerjakan Tes Potensi Akademik

Seperti kata peribahasa, lancar kaji karena diulang begitu juga kemampuan dalam mengerjakan tpa tidak semata-mata bergantung pada IQ atau faktor kecerdasan bawaan. IQ memang berperan, namun tidak seberapa mempengaruhi hasil skor. Hal terpenting dalam menghadapi tes potensi akademik adalah banyak berlatih. Ada banyak tipe soal tpa, bahkan mungkin mencapai ratusan atau ribuan dan semakin kita mengenal dan menguasai berbagai tipe soal, semakin mudah kita menyelesaikan soal yang diberikan.

Selain berlatih soal TPA online, sangat disarankan bagi anda untuk memiliki buku kumpulan soal-soal tpa lengkap, bisa dalam format ebook atau cetak. Mengapa demikian? Karena soal TPA online biasanya hanya menyediakan fasilitas tes tertentu saja, sedangkan tes potensi akademik meliputi tes kemampuan verbal, numerik, logika dan spasial atau gambar.

 

 

Contoh soal tes TPA online dan jawabannya

 

  1. Seri angka : 877688499 selanjutnya …
  2. 3 11 11
  3. 2 10 10
  4. 2 10 11
  5. 2 11 10
  6. 3 11 10

(jawaban : B , pembahasan : ada 3 deret angka yaitu : 8642dst , 78910dst , 78910dst)

 

  1. Seri huruf : e h a j m b selanjutnya …
  2. p s
  3. p t
  4. o q
  5. o r
  6. o s

(jawaban : D , pembahasan : polanya hampir sama dengan deret angka diatas, coba perhatikan deret huruf yang ada dan cari polanya)

 

Daftar kata yang sering muncul dalam tes verbal beserta artinya

  • Das sein = kenyataan, faktanya;
  • Das sollen = idealnya, seharusnya;
  • Klasik = kuno tapi masih dipakai;
  • Kontemporer = masa kini;
  • Ortodoks = kolot, kuno;
  • Xenopobhia = takut terhadap segala hal yang asing (dari luar negeri);
  • Borjuis = Kaum Bangsawan;
  • Pedagogi = ilmu tentang metode atau cara mendidik;
  • Unifikasi = Penyatuan;
  • Legislasi = undang-undang, aturan.

 

Demikian artikel soal TPA online ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan kesediaannya berbagi artikel ini dengan teman agar bisa lebih bermanfaat. Semoga anda sukses menempuh ujian tpa, jangan lupa banyak berdoa kepada Allah SWT. Karena tanpa pertolongan-NYA kita bukanlah apa-apa.

 

 

Soal TPA Online

This entry was posted in Pelatihan TPA Bappenas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *