Tips Mengerjakan Soal TPA

Tips Mengerjakan Soal TPA

Masih adakah diantara sobat yang masih belum tahu apa itu TPA? TPA yang mempunyai kepanjangan Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademik). Tes ini menjadi tes standar yang digunakan oleh banyak instansi baik negeri maupun swasta dalam syarat perekrutan atau penerimaan. Penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS), rekrutmen karyawan BUMN, rekrutmen karyawan swasta, syarat kenaikan jabatan, penerimaan mahasiswa baru jenjang D3/S1 dan juga pascasarjana semuanya adalah contoh-contoh instansi yang menggunakan TPA sebagai syarat lulus.

 

Karena dirasa TPA adalah tes yang sangat penting, selain harus banyak berlatih latihan-latihan soal, tips mengerjakan soal TPA lainnya yaitu sobat harus mengetahui trik-trik dalam menjawab jenis-jenis soal dengan cepat, tepat, dan benar. Dua hal tersebut akan kita bahas tuntas dalam postingan kali ini.

 

Sekilas soal Tes Potensi Akademik (TPA) terlihat tidak memerlukan analisis yang kompleks. Bila tes kemampuan (Matematika Dasar, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, mata pelajaran saintek dan soshum) mengharuskan kamu paham dengan konsep-konsep dasar ilmunya, soal TPA membutuhkan logika berpikir yang runut. Menghadapi soal TPA memang butuh strategi khusus. Berikut ini akan dibagi tips mengerjakan soal TPA mengenai hal-hal yang perlu dilakukan agar lancar mengerjakan soal TPA saat tes nanti. Mari disimak!

 

  1. Kenali model soal yang diujikan

Seperti pepatah bilang “kenali musuhmu lebih baik”, maka mengenali soal TPA yang akan kamu taklukkan itu penting. Beberapa tipe soal di antaranya verbal, numerikal, figural, dan logika proposisi. Pada tipe verbal, kamu dihadapkan dengan dua kata yang memiliki hubungan tertentu. Hubungan itu dapat berupa antonim, sinonim, dan analogi. Kadang kamu akan menemui kata yang asing digunakan dalam bahasa sehari-hari, maka memperbanyak bahan bacaan adalah satu hal yang wajib disiapkan.

Selain itu, kamu juga akan berhadapan dengan operasi aritmatika dan barisan angka pada tipe soal numerikal. Biasanya soal untuk operasi Matematika terkesan sulit dengan adanya pangkat atau akar, namun sebenarnya mudah asal tahu solusinya. Di tipe figural, kamu harus melihat pola pada barisan gambar. Sementara pada logika proposisi, kamu diberi beberapa premis dan diminta untuk mencari kesimpulan. Inti tips mengerjakan soal TPA ini, kamu harus membiasakan diri dengan soal-soal TPA.

 

  1. Pastikan kamu dalam kondisi tenang

Soal TPA tidak dirancang untuk diselesaikan dengan rumus-rumus yang rumit kok. Tes ini mengukur logika berpikir kamu dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan waktu yang terbatas. Meskipun begitu, kewaspadaan dan kejelian tetap harus dijunjung di sini. Oleh karena itu tips mengerjakan soal TPA yang disarankan adalah fokus yang tinggi mutlak diperlukan untuk menghadapi soal TPA. Pastikan kamu tahu cara menenangkan diri ya. Coba hirup nafas dalam dan hembuskan perlahan sebelum mulai mengerjakan soal. Berdoa juga dapat menambah keyakinan diri sendiri lho.

 

  1. Buat strategi pembagian waktu

Biasanya soal TPA terdiri kurang lebih 250 soal, sementara kamu punya 120 menit waktu mengerjakan. Namun, waktu yang diberikan itu juga harus kamu bagi untuk 45 soal materi kemampuan dasar berupa Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Logika. Misal kamu mematok seragam 1 menit untuk tiap soal maka kamu masih punya 15 menit untuk memeriksa jawaban. Ingat, itu hanya perkiraan kasar ya.

Pada Bahasa Indonesia, kamu butuh waktu untuk membaca teks, sementara teknik operasi lebih rumit digunakan untuk Matematika Dasar. Maka untuk menuai poin sebanyak mungkin, berikan target secepat mungkin untuk TPA. Targetkan, kamu ingin 30 detik untuk tiap soal dan 30 menit untuk waktu maksimal mengerjakan seluruh soal TPA. Berarti kamu punya 1 jam lebih untuk mengulik seluruh soal non TPA.

 

  1. Patuhi aturan waktu

Kamu sudah memiliki target waktu, maka pastikan kamu mematuhi aturan itu. Semakin cepat kamu menemukan jawaban, tentu semakin bagus. Ini berarti kamu memiliki lebih banyak tabungan waktu untuk soal yang terlewati atau pun memeriksa ulang jawaban. Bila ada model soal yang belum pernah kamu temui sebelumnya, lewati saja dulu. Ingat sistem poin yang berlaku ya. Jawaban yang benar dan yang salah mempunyai poin masing-masing. Raup sebanyak mungkin poin dari soal yang sudah familiar ya.

 

  1. Practice makes perfect

Tips mengerjakan soal TPA terakhir meskipun terlihat biasa, latihan akan membuatmu semakin lancar mengerjakan sesuatu. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, soal TPA tidak membutuhkan rumus-rumus kompleks. Maka asah kecepatan kamu dalam menyelesaikan soal. Kondisikan diri untuk mengerjakan soal TPA seperti target waktu dalam tes sebenarnya. Semakin sering berlatih dan biasa menghadapi soalnya, maka semakin lancar kamu memperoleh jawaban. Yup, practice makes perfect.

 

Sudah tahu kan bagaimana tips mengerjakan soal TPA tanpa panik? Intinya, lakukan persiapan sebaik mungkin. Tetap berjuang demi jurusan kuliah impian dan cita-cita kamu. Tidak ada perjuangan yang sia-sia kok. Untuk mempermudah anda dalam menghadapi tes TPA Bappenas, ada baiknya anda mengikuti pelatihan TPA Bappenas. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA Bappenas adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA Bappenas sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti pelatihan TPA Bappenas, anda akan mendapatkan trik dan tips mengerjakan soal TPA agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti pelatihan TPA Bappenas kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

 

Tips Mengerjakan Soal TPA

This entry was posted in Pelatihan TPA Bappenas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *