was successfully added to your cart.

Cart

Pelatihan TPAPelatihan TPA Bappenas

Soal TPA Tes Lawan Kata

By April 14, 2020 No Comments

Soal TPA Tes Lawan Kata

 

Soal TPA Tes Lawan Kata

 

 

Soal TPA Tes Lawan Kata – Tes potensi akademik adalah sebuah tes yang barangkali pernah dirasakan oleh semua orang. Tes ini biasanya dilakukan pada penerimaan calon pegawai negeri sipil, rekrutmen karyawan perusahaan swasta, dan penerimaan mahasiswa baru. Bahkan, untuk kenaikan jabatan karier pun ada pula yang mewajibkan lolos tes potensi akademik sebagai salah satu syaratnya.

 

Di dunia internasional, tes potensi akademik setara dengan tes GRE (Graduate Record Examination). Umumnya test ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar, dan sesi tes logika.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) antonim adalah kata yang  berlawanan makna dengan kata lain. Tes antonim merupakan salah satu bagian dalam tes potensi akademik seperti halnya tes sinonim maupun padanan kata yang sudah pernah saya posting sebelumnya. Tes antonim mempunyai maksud untuk mengukur wawasan seseorang akan sesuatu hal dipandang dari segi kebenaran dan juga kebalikannya. Dalam tes ini menuntut penguasaan atas perbendaharaan kata yang baik karena dalam tes tersebut para peserta harus mencari kata yang paling bertentangan dengan kata dalam soal yang diberikan.

 

Seperti yang kita ketahui bersama, tes potensi akademik biasanya akan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan untuk penerimaan siswa/mahasiswa baru maupun perusahaan sekalipun untuk penerimaan calon pegawai, rekrutmen karyawan dan sebagainya.

 

Selain itu, tes potensi akademik juga ditujukan sebagai prosedur dalam kenaikan sebuah jabatan dalam suatu perusahaan. Apabila seseorang lolos dalam tes tersebut, maka ia akan lolos ke tahap berikutnya. Pada umumnya, tes potensi akademik ini terdiri dari empat bagian, yaitu sesi tes bahasa atau verbal, sesi tes numerik atau angka, sesi tes gambar dan sesi tes logika.

 

 


 

Soal TPA Tes Lawan Kata

Dalam pembahasan contoh soal TPA Bappenas antonim berikut ini saya akan mencoba membahas beberapa soal yang berkaitan dengan tes antonim. Hal ini bertujuan untuk memperbanyak kosakata dan juga latihan tentang perbendaharaan kata khususnya tentang antonim. Nah, berikut beberapa bentuk contoh soal TPA Bappenas antonim. Selain itu saya juga akan melampirkan latihan soal online setelah pembahasan soal berikut ini untuk lebih melatih untuk memperbanyak kosakata sahabat semuanya. Langsung saja berikut pembahasannya. Soal TPA Tes Lawan Kata  dan Pembahasannya

 

  1. Remisi >< ….

A.Pengurangan

B.Penambahan

C.Penetapan

D.Pembetulan

E.Perubahan

Jawaban: B. Penambahan. Remisi artinya pengurangan masa hukuman. Lawan kata remisi adalah penambahan.

 

  1. Ambigu >< ….

A.Tidak jelas

B.Terang

C.Samar-samar

D.Kabur

E.Kacau

Jawaban: B. Terang. Ambigu bermakna lebih dari satu (sehingga menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan). Lawan kata ambigu adalah terang.

 

  1. Mufakat >< ….

A.Kompromi

B.Berunding

C.Musyawarah

D.Menerima dengan syarat

E.Tidak setuju

Jawaban: E. Tidak setuju. Mufakat memiliki arti setuju; seiya sekata; sepakat. Maka lawan kata mufakat adalah tidak setuju.

 

  1. Nomaden >< ….

A.Menetap

B.Mapan

C.Sesuai norma

D.Posisi

E.Reposisi

Jawaban: A. Menetap. Nomaden dalam KBBI artinya adalah hidup berpindah-pindah. Lawan kata nomaden adalah menetap.

 

  1. Mandiri >< ….

A.Senang

B.Bergantung

C.Tenggang rasa

D.Memihak

E.Antipati

Jawaban: B. Bergantung. Mandiri artinya ialah mampu berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain. Lawan kata mandiri adalah bergantung.

 

 

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang  baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor  yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda;  peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan  peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa. Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll,  maka kegiatan Les TPA Bappenas Jakarta Terbaik ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

 

 

Les TPA Bappenas Jakarta Terbaik ini untuk siapa ?

Mereka yang merasa perlu mempersiapkan menghadapi  Tes Potensi Akademik untuk mencapai skor yang diharapkan (seleksi beasiswa S-2/S-3/ seleksi BUMN Pertamina, Perbankan maupun persyaratan diklat penjenjangan dan seleksi CPNS).

 

 

Manfaat Les TPA Bappenas Jakarta Terbaik Apa Saja ?

Kami berpengalaman menyelenggarakan Pelatihan TPA. Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa banyak peserta yang nilainya rendah disebabkan awam dengan model soal TPA. Namun setelah mengikuti pelatihan di kami hasilnya sebagian besar peserta TPA meningkat tajam. Selain itu keuntungan lainnya adalah :  Nilai TPA pasca pelatihan yang  diperoleh karyawan/ peserta tes adalah nilai obyektif yaitu apabila nilainya yang  tinggi  bukan karena unsur kebetulan dan nilai TPA rendah juga bukan karena kebetulan, namun memang merupakan nilai yang objektif tinggi/rendah.

 

Pelatihan TPA akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah. Dengan mengikuti Pelatihan TPA dengan kami yang akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik maka dapat diperkirakan potensi akademisnya, selain  perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi ujian berupa TPA.

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

 

Soal TPA Tes Lawan Kata

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply