Tips Lolos SIMAK S2 UI

Tips Lolos SIMAK S2 UI

 

Tips Lolos SIMAK S2 UI

 

Temen-temen tau kan apa itu ekstensi? Nah, kalo di Universitas biasanya ga cuma ada kelas reguler yang biasanya dimasukin anak-anak SMA yang fresh graduate, tapi buat anda-anda yang sudah bekerja tapi masih pengen belajar entah buat nambah ilmu, kepuasan diri, atau demi ningkatin peluang karir di kantor, maka beberapa universitas membuka yang namanya Kelas Ekstensi ini salah satunya Universitas Indonesia.

 

Kelas Ekstensi di UI dan kampus-kampus lain ini memang tujuannya untuk memberikan kesempatan buat para karyawan atau malah orang tua yg pengen belajar lagi, karena untuk masuk ekstensi usia tidak dibatasi, siapapun bisa masuk asalkan sudah mengantongi ijazah D3. Tapi fenomena belakangan ini banyak juga yang lulusan diploma 3 rame-rame langsung masuk kelas ekstensi begitu mereka lulus.

 

Ada yang bilang kalo masuk diploma itu ga bakalan bisa deh berkarir bagus, karena emang kenyataannya kalo mau dapet kerjaan plus gaji oke minimal S1. Ada lagi kalo masuk D3 UI itu bisa jadi batu loncatan ke S1. Kebanyakan perusahaan pun memang mensyaratkan minimal pendidikan adalah S1. Jadi semakin berkurang deh peluang para karyawan untuk dapet masuk kelas ekstensi karena lawannya adalah mahasiswa D3 yg otaknya masih mudah buat belajar kan. Begitulah dunia itu kejam, yang kuat yang bisa Survive.

 

Ketika saya berhasil masuk Vokasi UI tahun 2011 lalu, kemudian lolos juga ekstensi UI 2014, banyak dari mereka termasuk ortu saya sendiri yang terkejut, bingung, heran, dan ga ngerti kenapa saya bisa lolos. Semua itu ada trik dan strateginya para pemirsa. Jadi disini saya mau share sedikit tips bagaimana sih cara saya tips lolos simak S2 UI ?

 

 

  1. Fokuskan belajar di bidang yang paling dikuasai

Kebanyakan temen-temen atau tempat-tempat les beranggapan semakin banyak soal bisa kita jawab, maka semakin tinggi peluang lolosnya, jadi temen-temen belajar habis dan menghafal mati semua materi pelajaran baik itu kemampuan akademik, kemampuan dasar, dan ilmu penjurusannya IPA/IPS kan.

Tapi buat orang-orang yang kemampuannya terbatas, harap sadar diri aja. Jangan ngotot mau menguasai semua materi yang diujikan, otak kita pasti punya kapasitas dan akan membuat kita hilang fokus karna banyaknya informasi yang mesti dihafal, bikin stres dan ga baik buat kesehatan.

Karena saya sangat alergi dengan yang namanya angka-angka, maka saya langsung menyerah seketika begitu melihat soal-soal matematika dasar, dan berusaha fokus ke pelajaran hafalan dan bahasa inggris saja, pokoknya yang sedikit instrumen angka deh. FOKUS!!

 

  1. Istirahat cukup

Emang udah kodratnya ya, makin deket waktu ujian, makin intens belajar kita, karna kebanyakan yg namanya orang Indonesia adalah penganut aliran SKS/DEDLINERS ya kan??

Nah, buat sodara-sodara yang bukan tipe jenius, tolong otaknya jangan diforsir ya, kan kasian, sediakan waktu buat otak kita istirahat, apalagi sehari sebelum ujian sebaiknya usahakan untuk beristirahat biar besoknya pas ujian otaknya masih fresh dan tenang.

Kenapa saya bisa bilang begitu, karena dulu waktu saya ujian SNMPTN saya masih belajar sampe tengah malam sebelum ujian, hasilnya yah tentu bisa ditebak, saya pusing, perut mules, ga fokus, ngantuk, dan akhirnya tentu saja saya gagal ujian masuk.

Berangkat dari pengalaman tersebut ketika ada satu kesempatan terakhir yaitu SIMAK UI, saya pun merubah cara belajar saya, yaitu FOKUS dan ISTIRAHAT CUKUP. Well, hasilnya tips lolos SIMAK S2 UI ini masuk mengantarkan saya berhasil masuk Vokasi UI…

 

  1. Perhatikan perintah soal dengan cermat

Nah ini nih, yang kelihatannya ga penting, tapi bisa jadi ranjau berbahaya yang bisa menggagalkan seluruh upaya keras belajar anda.

Dalam ujian masuk PTN biasanya ada aturan yang agak unik, yang pernah ujian PTN pasti tau ada aturan kayak gini nih :

– Benar (score +4)

– Salah (score -1)

– Tidak menjawab (score 0)

Nah, emang keliatannya sepele, biasanya orang-orang beranggapan kalo semakin banyak jawab makin tinggi nilainya, tapi liat tuh kalo salah minus 1 kalo ga jawab 0. Kalo ga yakin dengan jawabannya mendingan gausah dijawab, karena kan percuma, anda sudah jawab 1 soal dengan benar, tapi bagaimana kalo ternyata anda juga menjawab salah 4 soal yg setengah yakin tadi, nilainya jadi 0 kan, mendingan gausah dijawab jadi nilainya masih 4.

 

  1. Berdo’a

Nah, setelah belajar, istirahat cukup, dan tau strateginya, terakhir tinggal berdo’a menurut kepercayaan masing-masing deh. Kita sudah usaha semampu dan sebaik-baiknya kita, tinggal berdo’a supaya dilancarkan di hari H nya. Apapun hasilnya berarti itulah yang terbaik, karena yakinlah semua ada jalannya. Kalo mau ke Bandung ga bisa lewat puncak ya tinggal lewat jalan tol deh, biarpun jalannya beda, kalo tetap yakin dan berusaha pasti nanti bakalan sampe ke tujuan.

 

Yah, percaya ga percaya saat ujian ekstensi yang diujikan adalah TPA (tes potensi akademik) dan Bahasa Inggris. Dalam TPA soal2nya luar biasa sulit, apalagi matematika dasar. Sebenarnya soal matematikanya yang udah pernah dipelajari di SD sampai SMA, tapi karna selama 3 tahun kuliah kebiasaan pake kalkulator, kemampuan berhitung manual saya jadi tumpul deh, apalagi saya memang alergi sama matematika, jadi saya fokuskan di pelajaran bahasa inggris saja.

 

Ketika hari ujian SIMAK Ekstensi UI kemarin ada aturan yang sedikit berbeda ketika saya ujian SIMAK UI dulu.

– untuk TPA sistemnya benar +4, salah -1, tidak menjawab 0

– untuk Bahasa Inggris, tidak ada pengurangan nilai kalau salah, jadi sebaiknya dijawab semua. Kata guru saya boleh juga asal tebak kancing, tapi jangan semuanya juga loh (ini nyata si guru ngomong gitu, ya saya ikutin aja).

 

Saya sangat memperhatikan perintah soal tersebut, jadi saya sangat berhati-hati di soal TPA, saya hanya menjawab 47 dari 100 butir soal TPA yang saya anggap yakin dan mengisi seluruh 90 butir soal bahasa inggris (10 soal terakhir saya tebak kancing karna waktunya udah mepet), dan tidak disangka saya lolos masuk ekstensi UI.

 

Jadi begitulah sedikit tips masuk PTN yang semoga bisa membantu, walaupun tidak semua orang bertipe belajar seperti saya, tapi kalo sudah mentok mungkin bisa dicoba. Tidak harus dilakukan 100% seperti pengalaman saya diatas, karna tipe orang kan beda-beda, tapi bisalah dijadikan bahan pertimbangan, semoga Tips Lolos SIMAK S2 UI kali ini bermanfaat untuk Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

 

Lokasi Pusat Pelatihan TPA

Tips Lolos SIMAK S2 UI

This entry was posted in Pelatihan TPA Bappenas and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *