Pelatihan TPA

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023

By June 20, 2023 No Comments

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023

 

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 – Pada tahun 2023, banyak institusi pendidikan dan perusahaan yang menggunakan Tes Potensi Akademik (TPA) sebagai salah satu syarat seleksi masuk. Tes Potensi Akademik adalah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif dan potensi seseorang dalam berbagai bidang, seperti verbal, logika, dan numerik. Bagi banyak calon peserta tes, TPA bisa menjadi tantangan yang menegangkan. Namun, dengan beberapa Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 dan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk lulus tes potensi akademik tahun 2023. Dalam artikel ini, kami akan membahas Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam menghadapi tes potensi akademik tersebut.

Pengertian Tes Potensi Akademik

TPA adalah serangkaian tes yang berisi empat bagian. Di masing-masing bagian, ada beberapa kategori pertanyaan yang berbeda, yaitu, tes bahasa, tes numerik atau yang berhubungan dengan angka, tes gambar, dan juga tes logika.

Tentunya, semakin banyak pertanyaan yang bisa dijawab, semakin tinggi pula nilai yang didapatkan peserta. Namun, seiring berkembangnya zaman, saat ini Tes Potensi Akademik Online pun tersedia.

Menjadi salah satu syarat penting dalam proses rekrutmen bekerja serta masuk perguruan tinggi, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari cara mendapatkan nilai TPA yang tinggi. Setidaknya ada tiga aspek yang dinilai dalam tes TPA, yakni verbal, numerikal, dan figural.

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023

  • Mencari Informasi

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 pertama yang harus di lakukan dalam 3 bulan sebelum pelaksanaan tes adalah mencari-cari informasi mengenai organisasi penyelenggara dan karakteristik soal-soalyang akan diujikan. Karakteristik soal TPA BAPPENAS terkadang berbeda dengan soal TPA masuk pascasarjana atau soal TPA untuk kenaikan jabatan. Biasanya masing-masing instansi mempunyai aturan tersendiri untuk soal-soal mana saja yang akandiujikan. Jangan sampai sobat mempelajari mati-matian tes kemampuan verbal namun untuk kenyataannya tes tersebut tidak pernah diujikan dalam beberapa tahun terakhir diinstansi yang sobat daftarkan. Jadi, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya dulu sebelum melakukan tes. Bisa googling, bertanya pada teman, atau bertanya pada oranginstansi terkait.

  • Berlatih sesering mungkin

Seperti kata pepatah, practice makes perfect. Semakin sering seseorang berlatih, semakin besar pula peluangnya untuk mencapai tujuan dengan baik. Beberapa minggu sebelum waktu pelaksanaan tes potensi akademik, berlatihlah mengerjakan soal-soal tes dari internet atau buku-buku persiapan TPA. Patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA sesuai arahan yang tertulis, sehingga Anda akan terbiasa mengerjakan dengan santai dan dalam waktu yang lama. Persiapan sebelum TPA harus lengkap dan cukup, seperti Anda akan pergi berperang. Usahakan untuk memperoleh buku yang merangkum berbagai jenis soal-soal TPA pada tahun sebelumnya sesuai tujuan Anda.

Tidak harus membeli yang baru, bahkan Anda bisa mencari sendiri contoh soal di internet dan mencetaknya untuk dikerjakan sebagai latihan. Dengan rajin latihan soal, semakin lama Anda akan semakin akrab dengan model soal dan lebih terampil dan cepat dalam menjawabnya.

  • Persiapkan fisik yang prima

Dalam menghadapi tes potensi akademik, Anda akan dihadapkan dengan ratusan soal dalam waktu yang relatif lama, namun singkat untuk menyelesaikan tiap soalnya. Tanpa fisik yang prima, pikiran akan terganggu saat mengerjakan tes. Tentunya Anda tidak ingin ketika tes berlangsung kemudian Anda terganggu dengan sakit kepala, mulas, atau terserang flu dan hidung mampet.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka sebelum tes berlangsung sebisa mungkin persiapkan fisik agar tetap prima selama tes berlangsung dengan waktu tidur yang cukup. Jika fisik yang prima sudah Anda dapatkan, maka Anda sudah setengah jalan siap menjalani tes. Di pagi hari sebelum tes berlangsung, jangan lupa pula sarapan dan minum yang cukup sehingga Anda tidak terganggu dengan rasa lapar dan haus ketika mengerjakan tes.

  • Persiapkan kondisi mental

Selain fisik yang prima, untuk dapat menghadapi tes potensi akademik dengan baik, seseorang juga harus memiliki kondisi mental dan spiritual yang kuat. Lakukan sugesti kepada diri Anda sebelum berlangsungnya tes potensi akademik. Kalimat tersebut dapat membangkitkan mental dan pikiran Anda untuk berhasil dalam tes tersebut. Bagi banyak orang, ketenangan spiritual juga bisa didapatkan dengan lebih banyak berdoa.Ketika pikiran tenang, Anda akan menyelesaikan soal dengan lebih hati-hati dan tidak tergesa-gesa.

  • ¬†Fokus Pada Tiap Sesinya dan Jangan Panik

Anda perlu fokus pada soal-soal yang dapat Anda kerjakan. Baca baik-baik setiap pertanyaan dan tinggalkan saja soal yang menurut Anda kurang familiar. Disinilah pentingnya setiap latihan yang terus dilakukan agar fokus terasah.

Ketika menghadapi setiap soal, percayalah kepada potensi dan kemampuan Anda serta setiap persiapan yang telah Anda lakukan. Jangan biarkan diri kita menjadi gugup dan panik ketika mengerjakan soal. Tahukah Anda ketika kita panik dan khawatir maka konsentrasi dan daya fokus kita akan berkurang? Oleh sebab itu, ambil waktu tenang dan pikirkan setiap hal positif dan yakinlah bahwa Anda dapat menyelesaikan setiap soal dengan baik.

  • Buat Jadwal Belajar yang Tepat

Tentukan jadwal belajar yang tepat dan disiplin dalam mengikutinya. Pilih waktu yang nyaman dan bebas dari gangguan untuk fokus belajar. Bagi waktu Anda dengan proporsional antara bagian verbal, logika, dan numerik. Jangan lupa untuk memasukkan waktu istirahat yang cukup agar otak Anda tetap segar dan siap menerima informasi baru saat belajar.

  • Perhatikan Keterampilan Time Management

Time management atau pengaturan waktu menjadi faktor penting dalam menghadapi tes potensi akademik. Latih diri Anda untuk mengerjakan soal dengan cepat dan efisien. Perhatikan waktu yang disediakan untuk setiap bagian tes dan bagilah waktu secara proporsional. Jika Anda menemui soal yang sulit, jangan terlalu lama berpikir, lewati dan lanjutkan dengan soal berikutnya. Setelah menyelesaikan soal lain, Anda dapat kembali ke soal yang dilewati dengan waktu yang tersisa.

  • Mengakrabkan Diri dengan Tiap Karakter Soal

Setiap tes potensi akademik tentunya berbeda tergantung pada instansi penyelenggaranya. Soal-soal tes potensi akademik untuk Bappenas akan berbeda dengan soal-soal tes potensi akademik pascasarjana.Hal ini dikarenakan setiap instansi penyelenggara memiliki parameter tersendiri yang menentukan apakah seseorang lolos tes potensi akademik atau tidak.

Pelajari setiap model dan karakteristik dari setiap soal sesuai dengan instansi penyelenggara tes potensi akademik yang Anda jalani.Sebaiknya, Anda dapat mengeksplorasi setiap soal dari 3 tahun sebelumnya dan bertanya kepada para senior yang telah berhasil lolos dalam tes potensi akademik di tahun sebelumnya.

  • Perbanyak baca buat menghadapi soal-soal verbal

Umumnya, soal-soal Tes Potensi Akademik di SBMPTN terbagi menjadi beberapa jenis. Tiap tahun bisa jadi jenis soal TPA yang diujikan bakal berubah. Namun, kalau mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, soal verbal jadi salah satu jenis soal yang bakal muncul. Kemampuan berbahasa kamu bakal diuji melalui soal-soal verbal TPA ini.

Kamu bakal diharuskan buat menjawab soal-soal sinonim, antonim, hingga analogi kata. Karena berhubungan dengan bahasa, cara utama yang bisa kamu persiapkan biar bisa lolos TPA verbal adalah dengan banyak membaca. Perbanyak kosa kata kamu agar nanti nggak bingung saat jawab soal. Coba, deh, baca seenggaknya satu artikel dalam sehari. Kamu bisa baca artikel dari media-media nasional ternama. Bakal lebih oke lagi kalau kamu juga mengimbanginya dengan baca buku.

  • Strategi Mengerjakan Soal TPA Verbal

Saat mengerjakan Tes Potensi Akademik di kategori verbal, kamu diharuskan untuk menjawab soal yang berkaitan dengan sebuah bahasa. Biasanya, soal yang ditanyakan adalah arti sebuah kata atau peribahasa, antonim, sinonim, dan lain sebagainya. Juga perlu menambah wawasan seputar Bahasa Indonesia agar soal di kategori ini bisa terjawab dengan lancar.

  • Latihan berhitung cepat buat soal-soal numerik

Jenis soal lain yang juga biasanya ditemukan dalam TPA adalah numerik. Nah, segala yang berhubungan dengan angka pasti membutuhkan kemampuan matematika. Tenang aja, soal matematika di TPA biasanya bersifat basic alias dasar. Bahkan sering kali kamu nggak membutuhkan rumus apa pun. Ada juga tipe soal barisan di TPA, yang mengharuskan kamu buat menebak angka selanjutnya dari deretan yang ada.

Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 mengerjakan soal-soal numerik di TPA adalah dengan menjadikan kamu terbiasa. Artinya, mau nggak mau kamu harus rajin belajar soal-soal numerik tersebut sejak jauh-jauh hari sebelum. Nggak harus beli buku soal-soal baru, sekarang kamu bisa kok menemukan banyak soal di internet!

  • Strategi Mengerjakan TPA Numerik

Sesuai dengan namanya, soal TPA numerik berhubungan dengan angka dan rumus matematika dasar. Kategori inilah yang seringkali dianggap menakutkan oleh para peserta TPA dan membuat nilai yang didapatkan mengecewakan. Namun, agar nilai TPA bagus, Anda tidak harus menjadi seorang lulusan jurusan matematika terlebih dahulu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, soal matematika di kategori ini adalah tingkat dasar saja. Jadi, soal yang ditanyakan adalah soal yang biasa dikerjakan oleh siswa SD hingga SMA saja.

Saat mengerjakan soal di kategori ini, ada beberapa Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 yang perlu kamu persiapkan. Salah satunya adalah belajar cara menghitung yang cepat. Karena ada batas waktu dalam mengerjakan soal TPA, kamu perlu memiliki kemampuan berhitung yang baik agar waktu tidak habis secara cuma-cuma untuk hitungan yang sebenarnya sederhana.

Selain itu, Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 sukses dalam mengerjakan soal di kategori numerik ini adalah mencari soal yang sekiranya mudah dan mampu dikerjakan. Pastikan Anda mengerjakan soal yang benar-benar bisa diselesaikan agar nilai tes tidak berkurang karena menjawabnya dengan tidak tepat. Untuk itu, pastikan untuk melihat soal di kategori ini secara menyeluruh terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyelesaikan sebuah pertanyaan.

Dalam mengerjakan soal numerik, kemampuan dalam berlogika juga seringkali berpengaruh. Jika kemampuan logika yang dimiliki cukup baik, bukan tidak mungkin Anda akan merasa mudah untuk mengerjakan soal di kategori numerik.

  • Main imajinasi dengan soal-soal pola gambar

Buat yang suka berimajinasi dengan gambar, kamu pasti bakal suka dengan jenis soal TPA satu ini. Sesuai namanya, soal pola gambar menampilkan deretan gambar dengan pola tertentu. Lalu, kamu harus menebak gambar apa yang seharusnya muncul pada deretan kesekian berdasarkan pola yang ada. Memang cukup tricky, tapi di sinilah nalar sekaligus imajinasi kamu bakal diuji.

Sama seperti soal-soal numerik, kamu juga perlu sering-sering latihan soal pola gambar sebelum. Jadikan diri kamu terbiasa agar nantinya kamu bisa lebih cepat dalam mempelajari pola gambar saat TPA. Dengan begitu, kamu bisa mengerjakan banyak soal dengan benar, deh.

  • Kuasai Strategi Logika

Tes logika dalam TPA menguji kemampuan Anda dalam berpikir logis dan menganalisis situasi. Kenali berbagai jenis soal logika yang sering muncul dalam tes potensi akademik dan pelajari Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 yang efektif untuk menyelesaikannya. Berlatihlah dengan melakukan banyak contoh soal logika untuk memperkuat kemampuan Anda dalam mengidentifikasi pola dan hubungan dalam suatu rangkaian.

  • Istirahat

Dalam pelaksanaan Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023, Anda diharuskan untuk menjawab ratusan pertanyaan dalam kurun waktu beberapa jam. Selama kurun waktu tersebut, kamu akan tanpa henti menggunakan setiap sel yang ada dalam otak untuk berpikir. Untuk itu, menjaga kondisi tubuh agar tetap fit adalah hal yang wajib dilakukan beberapa hari sebelum tes dilaksanakan.

Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh lebih kuat menghadapi risiko terjangkit penyakit. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin agar kondisi senantiasa prima sampai Tes Potensi Akademik selesai dilaksanakan. Dengan begitu, nilai tes yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

  • Tetap Tenang dan Percaya Diri

Terakhir Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023, tetap tenang dan percaya diri saat menghadapi tes potensi akademik. Stres dan kecemasan dapat mempengaruhi kinerja Anda. Percayalah pada kemampuan Anda dan yakini bahwa Anda telah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jika Anda merasa cemas, coba teknik pernapasan dan relaksasi untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda sebelum memulai tes.

 

Dalam menghadapi tes potensi akademik 2023, persiapan yang matang dan strategi yang efektif sangat penting. Dengan mengikuti Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk Trik Lulus Tes Potensi Akademik 2023 dan meraih hasil yang diinginkan. Ingatlah bahwa persiapan dan latihan yang konsisten akan membantu Anda memperoleh kepercayaan diri dan memaksimalkan potensi akademik Anda. Selamat belajar dan semoga sukses dalam menghadapi tes potensi akademik 2023!

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

×

Powered by Pelatihan TPA

× GRATIS Mini Try Out Bappenas