was successfully added to your cart.
Pelatihan TPA Bappenas

Tips Menjawab Soal Tes Potensi Akademik

By December 21, 2018 No Comments

Tips Menjawab Soal Tes Potensi Akademik

Tes Pemahaman Wacana tidak pernah absen dalam Tes Potensi Akademik TPA membuat kami di tahun 2018 ini tergerak dalam membuat tips menjawab soal Tes Potensi Akademik khususnya tes wacana. Tips ini kami dapat berdasarkan pengalaman langsung penulis yang beberapa tahun yang lalu telah lulus di salah satu perguruan tinggi negeri  di Indonesia dan semoga tips ini juga bisa membantu kita dalam menguasai dan menjawab soal tes wacana dalam waktu yang singkat.

Tips Menjawab Soal Tes Potensi Akademik

1.Terlebih dahulu baca soal yang ada dibawah teks wacana tersebut,

2.Pahami dengan jelas apa yang ditanyakan dalam soal tersebut,

3.Mulailah membaca secara detail kata perkata dalam wacana tersebut,

4.Sambil membaca temukan ide pokok dari teks wacana itu karena biasanya yang ditanyakan dalam soal adalah ide pokok,

5.Hubungkan pertanyaan yang sudah terlebih dahulu anda baca dengan isi dari wacana tersebut,

6.Baca kembali soal Anda dan temukan jawaban yang paling tepat.

Tes potensi akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dibungkan dengan kecerdasan seseorang. Saat ini, TPA  telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN di tahun 2018. Bahkan kenaikan jabatan setingkat meneger di berbagai perusahaan juga mensyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan dengan skor minimum tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S1 dan S2.

Adapun Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes special atau gambar.

  • Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (Persamaan kata), antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
  • Tes angka mengukur kemamuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berfikir terstruktur, dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmatik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita.
  • Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal.
  • Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita, dan tes logika diagram.
  • Sedangkan tes spesial atau tes gambar berfungsi untuk mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang.

Contoh Soal Tes Potensi Akademik

1.Tes Sinonim

MILITAN = …..

A.Anti penindasan

B.Ideologi

C.Agresif

D.Brutal

E.Penggolongan

Kunci Jawaban : C. Agresif

2.Tes Antonim

PREFIKS =……

A.Awalan

B.Sisipan

C.Pelengkap

D.Tambahan

E.Akhiran

Kunci Jawaban : E. Akhiran

3.Tes Analogi

KITA : SAYA = …..

A.Kami : Kamu

B.Kalian : Beliau

C.Dia : Kalian

D.Beliau : Kami

E.Mereka : Dia

Kunci Jawaban : E. Mereka : Dia

4. Tes Acak Kata

LEMARI (RILAYU) KAYU

Sepeda (……) Sebelas

A.Daperu

B.Rubeda

C.Dasaru

D.Pedaru

E.Darabu

Kunci Jawaban : C. Dasaru

5.Tes Matematika

Dari data 6, 8, 5, 10, 6, 9, 3, 11, 9, 6 maka…

A.Modus = 7, jangkauan = 8

B.Rata-rata = 7 1/4, jangkauan = 5

C.Median = 6, rata-rata = 5 1/4

D.Modus = 6, median = 6

E.Rata-rata = 8, modus = 7

Kunci Jawaban : D. Modus = 6 ; Median = 6

6.Deret Bilangan

625 – 1.296 – 25 – 36 – 5 – …….

A.8

B.4

C.6

D.10

E.14

Kunci Jawaban : C. 6

7.Matematika Berpola

Berapakah angka yang tepat?

324 (486) 567

345 (…) 678

A.189

B.714

C.666

D.777

E.555

Kunci Jawaban : C. 7

Tips Menjawab Soal Tes Potensi Akademik

TPA terdiri dari tiga bagian soal yaitu Verbal, Kuantitatif dan Logika. Jumlah soalnya 250 soal dengan waktu 180 menit. Jadi untuk satu soal anda hanya diberi waktu sekitar 40 detik. Untuk verbal mungkin bisa dengan mudah dijawab tetapi bagaimana dengan soal matematika? Berikut ini adalah beberapa tips sukses menghadapi Tes Potensi Akademik :

  • Ikut pelatihan TPA S2. Disini kita akan diberikan materi dan latihan-latihan soal yang berkaitan dengan tes potensi akademik dan Disini kita dapat mempelajari berbagai cara, tips dan trik untuk menjawab soal tes potensi akademik dengan mudah dan cepat.
  • Intens Belajar. Sebulan sebelum tes, belajar dan kerjakan latihan soal berkali-kali agar otak terbiasa berpikir logis dan dengan hitung-hitungannya dan karna untuk menjawab soal tes potensi akademik banyak yang perlu dihafalkan.
  • Hafalkan bagian aritmatika bentuk lain dari pecahan, desimal, persen dan juga soal perpangkatan.
  • Hafalkan juga kata-kata bahasa Indonesia yang sering ditemui di koran, jurnal ilmiah dan dokumen formal. Contohnya : Defekasi, ini adalah istilah yang digunakan untuk buang air besar.
  • Sebelum tes, jangan lupa sarapan dan badan harus fit. Karena tes ini memang menyita energi. Malam sebelum tes jangan begadang untuk belajar. Saat menunggu tes dimulai, jangan buka buku, karena akan membuat fikiran menjadi stress. Lebih baik sarapan bagi dan jangan lupa untuk berdoa.
  • Jangan terpaku pada satu soal. Jika merasa tidak bisa, langsung lewat saja. Dan kerjakan soal yang memang di anggap mudah.

Mengapa Pelatihan TPA Penting ?

Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa.

Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan TPA Bappenas & UI
KLIK SEKARANG

Lokasi Pusat Pelatihan TPA


Tips Menjawab Soal Tes Potensi Akademik

bayu13

Author bayu13

More posts by bayu13

Leave a Reply

1
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by